POPULAR STORIES

Kia Recall Carnival Dan Sportage Karena Masalah Atap

Kia Recall Carnival dan Sportage Karena Masalah Atap (Carscoops)

KabarOto.com - Pabrikan otomotif asal Korea Selatan secara resmi mengumumkan bila pihaknya akan menarik kembali atau melakukan recall terhadap dua model andalannya yakni Kia Carnival dan Sportage di Amerika Serikat.

Terdapat masalah pada cetakan atap kendaraan, Kia Carnival yang mengalami masalah merupakan produksi 2022-2024 dan Kia Sportage produksi 2023-2024.

Seperti dilansir Carscops, Rabu (24/1/2023), Kia menarik kembali 40,426 Sportage dan 60,623 Carnival di AS karena kesalahan produksi yang dapat menyebabkan komponen atap terlepas. Meskipun cetakan tidak diperlukan untuk keselamatan pengoperasian kendaraan, jika terkelupas saat berada di jalan raya, bagian yang hilang dapat membahayakan pengguna jalan lainnya.

Baca Juga : Kia Sonet Facelift Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp149,8 Jutaan

Produsen mobil tersebut awalnya menyadari masalah ini pada September lalu, namun pihaknya masih terus melakukan penyelidikan. Hal ini dikarenakan hilangnya sebagian besar potongan trim dan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap masalah terbukti mengalami kesulitan.

Namun, Kia menerima cukup banyak keluhan dari pemilik kendaraan sehingga pihaknya harus mengambil langkah pasti. Untuk mengetahui apa yang terjadi, perusahaan sengaja memasang cetakan atap secara tidak benar pada kendaraan uji, dan menemukan bahwa komponen tersebut dapat meluncur dengan kecepatan sekitar 145 kilometer per jam.

Akhirnya, Kia mengetahui bila gangguan pada klip penahan cetakan atap terjadi akibat seal panel yang berlebihan, atau pemasangan yang tidak tepat dapat menyebabkan klip tersebut terlepas dari kendaraan, dan pabrikan memutuskan untuk melakukan recall atau penarikan kembali.

Baca Juga : Kia Bakal Rilis Tiga Konsep Mobil Listrik Serbaguna Di CES 2024

Kia akan mulai menghubungi pemilik pada 15 Maret 2024, dan mereka akan diminta mengembalikan kendaraannya ke diler resmi untuk diperiksa. Jika diperlukan, cetakan atap akan diganti dengan bagian-bagian yang memiliki klip penahan.

Selain itu, pabrikan telah meningkatkan proses perakitan dan mengembangkan pelatihan tambahan untuk memastikan bahwa cetakan tetap menempel pada kendaraan. Pemilik yang telah melakukan perbaikan sendiri dan melakukan pembayaran akan diganti oleh Kia