POPULAR STORIES

Kia Bakal Rilis Tiga Konsep Mobil Listrik Serbaguna Di CES 2024

Kia Bakal Rilis Tiga Konsep Mobil Listrik Serbaguna di CES 2024 Konsep mobil listrik serbaguna (Foto: Kia)

KabarOto.com - Kia akan memamerkan tiga konsep kendaraan listrik di Consumer Electronics Show (CES) 2024, yang dikenal dengan nama PV1, PV5, dan PV7.

Konsep pertama PV5 memiliki ukuran menengah, dan seperti yang bisa dilihat, ini akan tersedia dalam berbagai model bodi, sehingga pelanggan memiliki fleksibilitas untuk memilih lebih dari satu.

Pabrikan mobil Korea Selatan mengatakan sasis fleksibel kendaraannya akan memiliki kabin tetap, atau zona pengemudi. Di belakangnya, akan ada bodi bagian atas yang dapat diganti-ganti, dan dipasang ke bodi melalui beberapa kopling mekanis, serta beberapa titik perlengkapan elektromagnetik.

Baca Juga: Kia Picanto Facelift Meluncur Di Australia Harga Rp 188 Jutaan

Pengaturan posisi jok bisa diatur sesuai kebutuhan

Setiap modul akan dikirimkan sebagai kit standar, dan Kia berencana menawarkan model bodi Basic, Van, High Roof, dan Chassis Cab. Seperti halnya eksterior, jok dan kompartemen penyimpanan pada modul juga dapat dipindahkan, sehingga van pengiriman dapat dengan cepat diubah menjadi taksi.

Kia belum mengungkapkan banyak hal tentang PV1 dan PV7, namun PV7 akan menjadi yang terbesar di jajarannya, dan akan menawarkan jarak berkendara yang mengesankan. Sementara itu, PV1 akan menjadi model terkecil, dan dirancang untuk perkotaan dan ruang sempit lainnya.

“Kami berharap dapat membuat hidup pelanggan lebih mudah dan lebih baik, baik saat mereka diam atau bepergian, dengan menawarkan fleksibilitas dan penyesuaian luar biasa melalui modularisasi radikal," ucap Karim Habib, Kepala Desain Kia Global.

Baca Juga: Kia EV9 Raih Bintang 5 Pengujian Euro NCAP

Van pengiriman dapat dengan cepat diubah menjadi taksi

Untuk menjadikan kendaraan lebih berguna, Kia berencana mengembangkan perangkat lunak bisnis khusus untuk membantu pemilik mengelola armadanya. Kendaraan seri PV juga akan menggunakan teknologi AI untuk memberikan saran perawatan prediktif dan program pengisian daya yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pelanggan.

Kia menyebut sasis dan teknologi yang mendasari kendaraan ini sebagai Platform Beyond Vehicle (PBV), dan kendaraan PV hanyalah permulaan. Setelah meluncurkannya, mereka berencana untuk terus mengembangkan teknologi dan menciptakan lebih banyak kendaraan yang dapat disesuaikan dan diintegrasikan ke dalam ekosistem mobilitas lainnya.

Sebagai informasi, Kia berencana membuka pabrik yang didedikasikan untuk PBV di Korea Selatan. Diharapkan mulai beroperasi pada tahun 2025, dan memiliki kapasitas 150.000 unit per tahun.