Skema Lalu Lintas Yang Diterapkan Polri Saat Arus Balik

Skema Lalu Lintas yang Diterapkan Polri Saat Arus Balik Mengurai kemacetan di jalur mudik, Polri berlakukan one way (Foto: KO)

KabarOto.com - Arus balik Lebaran diprediksi terjadi pada 7 dan 8 mei 2022. Untuk menghadapi kepadatan saat arus balik, Polri akan memberlakukan beberapa kebijakan, di antaranya pemberlakukan sistem satu arah serta ganjil genap.

“Kita sudah membuat jadwal yang sudah disosialisasikan kepada masyarakat," terang Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, Kamis (05/05/2022).

Baca juga: Lewati Lebaran, Angka Pemudik Masih Merangkak Naik Dari 34,3 Menjadi 40,7 Persen

Aan mengatakan, waktu pemberlakuan bersifat situasional. "Masyarakat sudah tahu, bahwa jadwal one way ganjil-genap pada arus balik akan dimulai pada hari Jumat sampai dengan pukul 24.00 WIB," terangnya.

Jalur trans Jawa akan diberlakukan one way dan ganjil genap (Foto: KO)

Mengantisipasi kemacetan yang kemungkinan bakal terjadi, pihak kepolisian akan menutup semua akses masuk ke arah barat. Lalu akan mengeluarkan kendaraan di Tol Cipali ke arteri Pantura.

Selanjutnya penambahan penuh one way ganjil genap sampai Km 3+500 Jakarta, jika memungkinkan akan diteruskan keluar di Semanggi, atau keluar hingga 5 alternatif. Di mana sudah disiapkan oleh Ditlantas Polda Metro.

Joko Widodo sebagai Predisen Republik Indonesia sebelumnya mengungkapkan, potensi kemacetan di jalan tol serta jalan raya nasional. Ada 85,5 juta masyarakat, 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

Baca juga: Mudik Naik Motor, Istirahat Di Bale Santai Honda Serang Banten

Mantan Walikota Solo ini juga mengimbau para pemudik, dari kampung halaman yang kembali ke tempat aktivitas agar menghindari kemacetan.