POPULAR STORIES

Skuter Listrik Buzz 1, Terinspirasi Dari Vespa

Skuter Listrik Buzz 1, Terinspirasi dari Vespa Skuter listrik bernama Buzz 1 poduksi Saigon Scooter Centre (SSC) (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Motor listrik semakin menunjukkan taringnya, meski belum banyak produsen otomotif yang mengembangkannya karena berbagai persoalan seperti regulasi.

Ada pula beberapa produsen yang mencoba menawarkan dengan bentuk yang unik. Satu di antaranya adalah Buzz 1 buatan Saigon Scooter Centre (SSC), yang terinspirasi dari skuter Vespa.

Baca Juga:

kabarOto
Skuter Listrik Buzz 1

Tampilannya jelas menyerupai Vespa yang keseluruhan bentuk dan rupanya terinspirasi skuter keluaran Piaggio, asal Italia. Jika Vespa merilis Vespa Electtrica berpenampilan bodi Primavera, maka Buzz 1 justru mengambil arah ala-ala VBB.

Sayang, belum jelas mengenai produksi dari Buzz 1 tersebut, bila melansir dari berbagai media. Disebutkan Buzz 1 masih dalam bentuk prototipe alias purwarupa. Meski demikian, skuter ini disebut punya peluang besar terjun di segmen motor listrik di kela motor klasik.

Keunggulan SSC dalam menciptakan Buzz 1 karena pabrikan lebih bebas dalam membuat desain. Sebagaimana diketahui, motor listrik tidak lagi memerlukan tangki bahan bakar, mesin, transmisi, knalpot, hingga sistem pendinginan mesin.

Bodi Buzz 1 memakai fiberglass Vinylester agar memiliki bobot ringan yang mampu ditopang menggunakan sasis rangka tubular. Arm belakang berbentuk kotak. Kaki-kaki ditopang roda depan 12 inci dan belakang 11 inci. Suspensi depan sudah menganut Vespa matik yang dilengkapi sistem pengereman disk brake (cakram).

kabarOto

Penggerak Buzz 1 menggunakan motor listrik berkekuatan 1kW, 2kW, 3kW, hingga 5kW. Sumber energi menggunakan baterai lithium ion polymer. Buzz 1 mengadopsi sistem regeneratif, di mana jika melakukan pengereman daya listrik yang dihasilkan kembali menuju baterai.

Daya listriknya dapat diisi ulang melalui stop kontak (220V 10A) seperti yang digunakan untuk perumahan. Jika memakai mode fast charging dari kondisi kosong hingga 80 persen baterai dapat terisi dalam waktu 12 menit, jika menggunakan mode slow charging butuh waktu kurang lebih 6 jam.

kabarOto

Berita Terkait

Berita Terkait