POPULAR STORIES

Sony Dan Honda Siapkan 3 Mobil Listrik Hingga 2028, Ini Bocorannya

Sony dan Honda Siapkan 3 Mobil Listrik Hingga 2028, Ini Bocorannya Foto : Carbuzz

KabarOto.com - Prototipe Sony Honda Mobility Afeela yang baru-baru ini terungkap dan diperbarui, akan hadir dalam dua model listrik lainnya. Nikkei menyebut, bila ketiga mobil EV tersebut akan terungkap dalam 5 tahun.

Seperti dilansir Carbuzz, kendaraaan pertama yang akan memulai debut ialah mobil sedan pada 2025, dilanjutkan SUV pada 2027, dan kendaraan kompak pada 2028.

Baca Juga : BMW Hadirkan Dua Mobil Listrik Terbarunya di IIMS 2024

Meski belum ada konfirmasi resmi dari pabrikan, tahun lalu, perusahaan patungan tersebut mengumumkan, bahwa sedan akan muncul dengan merek Afeela pada akhir 2025, dan mulai melakukan pengiriman kepada konsumen di Amerika Utara pada awal 2026.

Laporan tersebut juga menegaskan, bila ketiga kendaraan akan didukung oleh platform yang sama, untuk mengurangi biaya dan mempercepat pengembangan. Menjadi yang paling canggih di antara ketiganya, SUV diharapkan mampu bersaing secara global.

Sedangkan kendaraan kompak baru, diharapkan mencerminkan ukuran Toyota Corolla, dan dapat berbagi suku cadang, dengan kendaraan listrik yang dikembangkan secara independen oleh Honda.

Sebelumnya, kesepakatan Honda untuk mengembangkan kendaraan listrik murah dengan GM, gagal pada Oktober tahun lalu. Hal ini karena perusahaan sulit secara bisnis, dan permintaan kendaraan listrik di banyak wilayah mengalami penurunan. Tak heran bila pabrikan Jepang tersebut fokus pada satu proyek.

Baca Juga : Vinfast Auto Hadirkan Mobil Listrik Setir Kanan Pertama di Indonesia

Sebagai informasi, sedan Afeela akan ditenagai oleh dua motor listrik, mampu menyemburkan tenaga hingga 241 dk. Mobil ini juga akan dilengkapi dengan baterai lithium-ion 91 kWh, memungkinkan tingkat pengisian cepat DC sebesar 150 kW.

Sebagai produk Sony, teknologi gaming juga kemungkinan besar akan diaplikasikan pada kendaraan. Selain itu, modul di atas kaca depan menunjukkan, bahwa ambisi untuk menyediakan teknologi self-driving pada kendaraan listrik masa depan tetap dipertahankan.