POPULAR STORIES

Sony Honda Mobility Produksi Mobil Listrik Tahun 2025

Sony Honda Mobility Produksi Mobil Listrik Tahun 2025 Sony Vision-S 02 (Foto: Sony)

KabarOto.com - Honda dan Sony menjalin kerjasama dalam memproduksi mobil listrik. Untuk mewujudkan misi tersebut, keduanya sudah membangun perusahaan "Sony Honda Mobility" dan akan meluncurkan produknya mulai tahun 2025.

Sony Honda Mobility sahamnya dimiliki bersama-sama dengan kepemilikan 50:50. Kantor pusat perusahaan patungan ini berdiri di Tokyo, Jepang. Sedangkan, Honda dan Sony telah menyelesaikan perjanjian mereka pada tahun ini. Mereka akan membawa berbagai aset terbaik mereka untuk bisa melahirkan produk terbaik.

Nantinya, Honda akan menuangkan pengalaman panjangnya di dunia otomotif, sedangkan Sony bakal membawa teknologi dan software terbaiknya.

Baca juga: Ditargetkan Terjual 8.300 Unit Per Tahun, Honda Civic E: HEV Resmi Diperkenalkan Di Thailand

Vision-S 01

Meskipun belum ada informasi teknologi apa saja yang bakal ditawarkan mobil listrik kolaborasi Sony dan Honda ini. Namun, diprediksi berbagi fitur andalan Honda seperti Honda Sensing bakal tersemat di dalamnya. Sistem entertainment dan teknologi komunikasi diprediksi akan memiliki lompatan besar seiring kehadiran Sony.

Sebelumnya, Sony telah meluncurkan mobil listrik konsep Vision-S 02 pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat. SUV listrik itu akan menemani sedan listrik Sony Vision-S 01 yang telah diperkenalkan lebih dulu.

Baca juga: Honda Produksi Sekuter Listrik Bernama Striemo

Sebagai informasi, Vision-S 02 memiliki bentuk kompak, sepintas mirip Tesla Model Y. Fascia depan mirip model Vision-S01, dengan ciri khas lampu depan LED yang dihubungkan lightbar di kap mesin. Berbeda dengan pelek Vision-S 01, model 02 menggunakan pelek 20 inci.

Soal performa, Vision-S 02 dibekali sepasang motor listrik, yang masing-masing menghasilkan 268 dk, dengan sistem penggerak semua roda. Belum ada informasi spesifik seputar spek baterai atau daya tempuh, tetapi Sony mengklaim kecepatan tertinggi mobil ini bisa mencapai lebih dari 180 kpj.