Sopir Truk Volvo Asal Kalimantan Ini Bakal Berlaga Di Kancah Internasional

Sopir Truk Volvo asal Kalimantan ini Bakal Berlaga di Kancah Internasional Volvo Driver Challenge 2018

KabarOto.com - Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018 baru saja digelar pada bulan Juli lalu di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Dalam kompetisi yang digelar oleh Volvo Truck Indonesia bersama dengan PT Wahana Inti Selaras tersebut tercatat melibatkan sebanyak 80 sopir truk dari berbagai daerah di Indonesia tersebut bersaing pada 26 Juli 2018 lalu bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Dari 80 orang pengemudi truk tersebut, terpilihlah sebanyak 8 sopir terpilih yang berhasil masuk ke babak final. Setelah melalui seleksi nasional dan final nasional, Rivaldi dari Kalimantan Selatan berhasil dinobatkan menjadi juara 1. Rivaldi mengalahkan 7 kandidat lainnya.

Baca juga: Volvo Edukasi Pengemudi Aman Berkendara Via Driver Challenge 2018

Rivaldi meraih gelar Pengemudi Truk Volvo terbaik di Indonesia tahun 2018 dan akan mewakili Indonesia di World Final yang akan berlangsung di Gothenburg, Swedia pada bulan September yang akan datang.

Volvo Trucks Indonesia

"Kedelapan pengemudi ini harus menyetir Volvo FM370 (on road) dan Volvo FMX400 (off road) menempuh perjalanan sejauh 7 kilometer dengan misi untuk mencapai 5 pos pemeriksaan dalam waktu 45 menit. Semua ini harus dilakukan dengan menggunakan bahan bakar sesedikit mungkin," ungkap Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras (Indomobil Group) yang juga rekanan Volvo Indonesia, Rabu (15/8/2018).

Atas pencapaiannya, Rivaldi mengaku terkejut dan siap membawa nama Indonesia di kancah kompetisi truk internasiona. "Memang pada dasarnya saya selalu sadar untuk tidak sembarangan saat menjalankan pekerjaan saya sebagai pengemudi truk, termasuk saat menggunakan bahan bakar," ungkap Rivaldi.

Volvo Trucks Indonesia

Lebih lanjut Rivaldi pun menambahkan, "Saya senang ternyata kebiasaan ini banyak manfaatnya. Pastinya, saya akan terus melakukan latihan intensif untuk bisa memberikan yang penampilan terbaik bagi Indonesia di Final Kejuaraan Dunia Volvo Trucks Driver Challenge September nanti," pungkasnya.

Sekadar informasi, kompetisi Volvo Trucks Driver Challenge ini merupakan kelanjutan dari konsep Volvo Trucks Fuelwatch Competition yang diadakan di tahun-tahun sebelumnya dan hadir dengan semangat baru untuk mengangkat peran para pengemudi truk.

"Mengemudi kendaraan berat memang membutuhkan keterampilan khusus, tetapi mengemudi dengan efisien adalah sebuah bentuk seni. Volvo Trucks Driver Challenge menjadikan para pengemudi ini sebagai fokus khusus," tutup Jurn Terpstra, Managing Director Volvo Trucks Indonesia.