SPBU Di Jabodetabek, Apa Saja Fasilitasnya Dan Berapa Harga BBM-nya?

SPBU di Jabodetabek, Apa Saja Fasilitasnya dan Berapa Harga BBM-nya?

KabarOto.com - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) menjadi tempat pemilik kendaraan bermotor untuk mengisi bahan bakar kendaraannya. Pemilik kendaraan bermotor kini dihadapkan pada beberapa pilihan SPBU, dengan bahan bakar yang kualitasnya tentu berbeda. Dan hampir semua SPBU, mengklaim produk-produk mereka memiliki kualitas yang baik untuk kendaraan.

Baca Juga: BP Resmi Membuka 4 SPBU Di Indonesia

Adalah Petronas asal Malaysia yang pertama kali hadir sebagai SPBU non BUMN di Indonesia pada awal tahun 2000-an. Tak lama kemudian, Shell membuka SPBU di Jakarta dan Bogor. Total, perusahaan asal Prancis pun ikut menginvestasikan di bidang energi dengan membuka SPBU di beberapa jalan utama di Jakarta.

Kemudian diikuti VIVO yang memiliki bahan bakar beroktan rendah dan harga bersaing dengan Pertamina, dan Bp (dulunya British Petroleom) adalah sebuah perusahaan minyak bumi bermarkas di London ini memulai perjalanan usahanya di kawasan Tangerang.

SPBU Pertamina

Berikut ini adalah SPBU dari beberapa perusahaan yang ada di Jakarta

1. Pertamina

SPBU Pertamina sudah tersebar di seluruh Indonesia, baik yang dikelola oleh swasta ataupun yang dikelola oleh Pertamina Retail. Masing-masing SPBU menghadirkan berbagai fasilitas bagi konsumennya. Mulai dari fasilitas toilet, mini market, bengkel jual dan ganti oli, tempat cuci kendaraan, hingga musholla.

Baca Juga: Pertamina Turunkan Harga BBM, Lebih Murah Dari Shell Dan Total

Semua itu dilakukan untuk memberikan image SPBU Pertamina sebagai tempat yang lengkap dan bersih. Namun tergantung lokasi dan operator SPBU, fasilitas lengkap tersedia di SPBU besar, sementara saat ini fasilitas yang kurang mendukung kebanyakan di daerah pinggiran atau pelosok.

Harga BBM di SPBU Pertamina.

"Dimulai dengan angka Nol" kini menjadi satu kewajiban operator memberitahukan para pelanggannya sebelum melakukan pengisian bahan bakar. Pertamina menjual bahan bakar dengan oktan 88 yaitu Premium, RON 90 Pertalite, RON 92 Pertamax, RON 98 Pertamax Turbo, Pertamina Dex, Dexlite dan Bio Solar.

2. Shell

SPBU ini sudah tersebar di berbagai wilayah di pulau Jawa, khusunya Jakarta. Fasilitas yang ada di SPBU ini hampir sama dengan Pertamina, yakni toilet, musholla, penjualan pelumas, terdapat juga pengisian angin gratis dan air, yang bisa digunakan untuk mengisi air radiator atau sekadar membersihkan tangan.

SPBU Shell

Lalu yang terbaru kini, belakangan beberapa lokasi SPBU Shell juga terdapat bengkel untuk servis ringan. Yang pasti adalah pergantian oli, namun ada juga yang melayani wheel alignment. Umumnya, di SPBU ini juga terdapat minimart yang menjual makanan ringan dan minuman.

Dispenser Shell jumlahnya mengikuti lokasi, 6 sampai 8 dispenser ditujukan untuk kenyamanan konsumen.

Fasilitas yang dikenal di SPBU ini adalah pelayanan untuk membersihkan kaca depan mobil konsumen. Umumnya, operator akan menanyakan terlebih dahulu, apakah kaca depan mobil konsumen berminat untuk dibersihkan. Apabila iya, maka operator akan membersihkan secara cepat.

Harga SPBU Shell

SPBU ini menjual bahan bakar Reguler Rp 9.300, Super 92 Rp 8.900, V-Power 95 Rp 10.950 dan Diesel CN51 Rp 11.900.

3. Total

SPBU asal Prancis ini membuka bisnis ritelnya hampir di seluruh daerah di Jakarta. SPBU ini juga memiliki fasilitas toilet yang cukup nyaman, dengan mini market bernama Bonjour, yang menjual makanan ringan serta soft drink dan kopi.

SPBU Total dan Harga Bahan Bakar

Rata-rata SPBU ini memiliki 4 sampai 6 dispenser yang menjual bahan bakar seperti Performance 90 seharga Rp 9.900, Performance 92 seharga Rp 10.700, Performance 95 seharga Rp 12.300, Performance Diesel seharga Rp 12.050. Ada kurang lebih 6 dispenser dalam satu SPBU.

4. Vivo

SPBU ini baru membuka SPBU di dua lokasi di Jakarta Timur dan daerah Bintaro. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, bahkan terdapat oktan rendah yang dinamakan Revvo 89 seharga Rp 7.750. Namun bahan bakar ini cukup diminati oleh angkutan kota (angkot), sepeda motor dan bajaj.

SPBU Vivo di kawasan Jakarta Timur.

Karena harganya yang murah sehingga para pemilik kendaraan tersebut memilih karena alasan ekonomis. SPBU ini juga memiliki fasilitas yang sama, toilet dan musholla. Ada tiga dispenser yang ada di SPBU ini.

Karena masih baru, seluruh area SPBU ini terbilang bersih dan rapi, dengan kombinasi warna biru dan putih, sehingga membuat area dispenser terlihat terang di malam hari.

Harga Bahan Bakar di SPBU Vivo

5. BP

Merupakan perusahaan asal Inggris yang mencoba peruntungan menjual bahan bakar di bisnis retail. BP menyasar daerah Tangerang seperti Serpong dan Bintaro. Karena baru, pelayanannya cukup bagus, fasilitasnya pun lengkap. Ada mini market Alfamart, toilet dan musholla. Di sini juga terdapat bengkel penggantian oli dan servis untuk mobil dan motor.

SPBU BP dan fasilitasnya.

Konsumen yang sudah mengisi bahan bakar juga bisa melakukan pengecekan nitrogen secara gratis. Servis yang diberikan operatornya pun cukup memuaskan, dengan senyum ramah dan secara otomatis diberikan struk bensin, tanpa harus diminta. Seperti pengamatan KabarOto, ada 6 dispenser di SPBU ini.

Harga BBM di SPBU BP