POPULAR STORIES

SS Sentul Selatan Rampung Bulan Ini, Waktu Tempuh Jakarta-Bogor Makin Singkat

SS Sentul Selatan Rampung Bulan Ini, Waktu Tempuh Jakarta-Bogor Makin Singkat SS Sentul (JM)

KabarOto.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, saat ini tengah melakukan pengerjaan pembangunan Simpang Susun (SS) Sentul Selatan, yang menghubungkan Jalan Tol Jagorawi dengan Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR).

Simpang Susun tersebut, melintas di atas Jalan Tol Jagorawi tepatnya KM 37+000. Bianto Johan Arifin, Pemimpin Proyek Pembangunan SS Sentul Selatan mengatakan, proses pengerjaan tersebut sudah hampir rampung.

Baca Juga: Bugatti Dan Jacob & Co. Kolaborasi Buat Koleksi Jam Seharga Rp8,7 Miliar

Hingga akhir Juni 2020, progres pekerjaan pembanguan Simpang Susun Sentul Selatan telah mencapai 97,413%. PT Jasa Marga menargetkan, pengerjaan konstruksi Simpang Susun Sentul Selatan dapat selesai 100% pada Minggu kedua Juli 2020.

"Pertengahan Juli 2020 tepatnya minggu kedua, pekerjaan konstruksi ditargetkan selesai. Setelah itu akan dilakukan uji laik fungsi," tutur Bianto dalam keterangan resminya.

Akan selesai bulan ini

Struktur Simpang Susun yang memiliki total panjang 760 meter dan memiliki 15 pier dan 2 abutment ini, dibangun menggunakan konstruksi elevated box girder dengan metode Balanced Cantilever by Crane. Bentang terpanjang yaitu 70 meter.

"Kelak simpang susun ini akan menghubungkan Jalan Tol Bogor Ring Road dan Jalan Tol Jagorawi (toll to toll), yang dikelola oleh Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT)," jelasnya.

Baca Juga: Piaggio Bikin Sepeda Listrik Seharga Rp28 Jutaan

Adanya pembangunan simpang susun ini, akan memangkas waktu tempuh pengguna jalan yang dari Jakarta menuju Bogor, karena dapat menghindari simpang Belanova yang kerap terjadi kepadatan.

"Adapun tahapan pekerjaan pembangunan hanya tinggal merampungkan penyelesaian drainase, solid sodding, rambu dan marka jalan, pagar separator serta pencahayaan lalulintas serta pekerjaan listrik, sehingga seluruh pekerjaan dapat terselesaikan," pungkas Bianto.