POPULAR STORIES

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Pertamina Resmi Beroperasi

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Pertamina Resmi Beroperasi Foto: Pertamina

KabarOto.com – Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Pertamina yang terletak di SPBU Fatmawati sudah mulai beroperasi, tepat di Hari Ulang Tahun ke-63 Pertamina.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan, “ Ini adalah salah satu upaya Pertamina dalam mendukung Pemerintah untuk mendorong tumbuhnya ekosistem Kendaraan Listrik dalam negeri dengan meluncurkan SPKLU yang akan melayani masyarakat secara langsung.”

SPKLU yang terpasang di SPBU Fatmawati ini merupakan Stasiun Pengisian Daya Fast Charging 50 kW yang mendukung pengisian daya dari berbagai tipe mobil listrik di Indonesia.

Baca Juga : Setelah Perkenalkan PCX 160, Honda Sedang Kembangkan Vario 160

Foto: Dokumentasi Pertamina

Hal ini karena SPKLU tersebut dilengkapi oleh beberapa tipe alat pengisian daya ke kendaraan yang sesuai dengan standar Eropa maupun Jepang. Seperti gun CCS2 (Eropa), Chademo (Jepang) dan 65 kW AC berupa 43k W plug AC Type 2 dan 22 kW inlet AC type 2 yang digunakan oleh mobil listrik di Indonesia saat ini dan bisa dipakai pada saat yang bersamaan.

Selain itu, SPKLU ini memiliki fasilitas yang dapat mengisi dua kendaraan sekaligus (2 in 1) dengan metode fast charging. Dengan begitu maka pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama selama masa pengisian.

Lokasi SPBU Fatmawati pun dipilih dengan berbagai pertimbangan. Selain wilayah ini termasuk memiliki pasar yang potensial, lokasi ini juga memiliki fasilitas tempat tunggu baik restaurant ataupun gerai kopi yang dapat digunakan konsumen menunggu pengisian daya berlangsung.