POPULAR STORIES

Strategi Jasa Marga Antisipasi Kepadatan Di Rest Area Saat Masa Libur Nataru

Strategi Jasa Marga Antisipasi Kepadatan di Rest Area Saat Masa Libur Nataru Ilustrasi rest area (Jasa Marga)

KabarOto.com - Guna memastikan kelancaran saat masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), PT Jasamarga Related Business (JMRB) terus melakukan kesiapan operasional di Rest Area Travoy. PT JMRB juga telah berkoordinasi dengan para mitra pengelola rest area lainnya di ruas jalan tol Jasa Marga Group untuk melakukan persiapan maksimal.

PT JMRB telah menerapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi kepadatan di dalam rest area. Di antaranya adalah dengan pengaturan dan rekayasa arus lalu lintas, serta memaksimalkan penggunaan Rest Area Monitoring System (RAMS) di beberapa rest area. Dalam pengaturan arus lalu lintas, PT JMRB telah berkoordinasi dengan mitra pengelola rest area, pengelola ruas jalan tol, hingga pihak Kepolisian.

Baca Juga: Jangan Sampai Celaka, Ini Tips Berkendara Sepeda Motor Di Cuaca Ekstrem

"Melalui RAMS yang ditempatkan di on ramp, pengguna jalan tol dapat memantau kapasitas parkir sebelum memasuki rest area. Sehingga, jika rest area terpantau padat, pengguna jalan tol dapat menuju rest area selanjutnya," jelas Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT JMRB Tita Paulina Purbasari.

Selain itu, PT JMRB juga kembali memfungsikan toilet fungsional untuk menambah jumlah toilet eksisting. Pada masa Nataru 2022-2023, toilet fungsional yang difungsikan sebanyak 571 bilik di seluruh rest area yang dikelola oleh PT JMRB. Pengoperasian toilet fungsional di rest area cukup efektif untuk mengurai penumpukan pengunjung di toilet-toilet eksisting, yang kerap berdampak pada kepadatan di area parkir.

Ilustrasi rest area (Jasa Marga)

PT JMRB juga telah memastikan kecukupan air bersih bagi toilet dan sarana ibadah. Caranya, dengan melakukan koordinasi untuk menambah pasokan air bersih bagi kedua fasilitas tersebut jika dibutuhkan. Karena, toilet dan sarana ibadah merupakan salah satu fasilitas yang sering digunakan oleh pengunjung.

Untuk memastikan kecukupan BBM di SPBU Rest Area Travoy, serta menempatkan SPBU modular di 8 Rest Area Travoy PT JMRB juga telah berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero).

SPBU modular ditempatkan di rest area Tipe B, rest area fungsional, dan rest area yang berpotensi terjadi penumpukan. SPBU modular akan beroperasi mulai dari 20 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. PT JMRB pun menambah operator SPBU dan petugas keamanan untuk mengatur arus lalu lintas di area SPBU.

Baca Juga: Fasilitas Rest Area Km 88B Tol Purbaleunyi Ditingkatkan, Bakal Ada Mural 3D

Selama masa Nataru 2022-2023 ini, PT JMRB terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dari sisi kenyamanan dan keamanan rest area dengan menambah petugas kebersihan, keamanan, serta personel Satgas di seluruh Rest Area Travoy dan rest area mitra di ruas Jasa Marga Group.