Suasana Penyekatan Di Jakarta Saat PPKM Darurat

Suasana Penyekatan di Jakarta Saat PPKM Darurat Pembatasan mobilitas di beberapa ruas jalan Jakarta

KabarOto.com - Dalam rangka mencegah penularan Covid-19, Pemerintah kembali menjalankan program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayah Jawa dan Bali. PPKM darurat ini akan berlangsung pada 3-20 Juli 2021. Untuk itu, Kepolisian Republik Indonesia siap mendukung dprogram tersebut.

Beberapa ruas jalan dijaga ketat oleh petugas Kepolisian, TNI, Dishub dan Pol PP. Beberapa wilayah yang sempat KabarOto sambangi di antaranya adalah perbatasan antara Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan, tepat di Lampu Merah Pasar Jum'at, lebak Bulus Jakarta Selatan. Di sini, petugas cukup aktif bertanya kepada pengendara mobil dan motor.

Baca juga: SIM Habis Saat PPKM Darurat? Ini Penjelasan Dirlantas Polda Metro Jaya

Pembatasan mobilitas di Bunderan Senayan, Jakarta Selatan

Selain itu juga di Bundaran Senayan, cukup ketat. Penjagaan yang dilakukan oleh petugas gabungan meminta pengendara yangingin melintas di jalan Sudirman Thamrin, memutar ke arah jalan Asia Afrika.

Di depan Gedung Jaya, per empatan Sarinah, penyekatan juga terjadi di kedua arah. Selanjutnya di Lampu merah Patung Kuda kendaraan tidak bisa masuk ke Merdeka Barat. begitu pula sebaliknya, di depan kementerian ESDM kendaraan dijaga sehingga tidak bisa masuk ke MH Thamrin.

Kemudian di jalan lenteng Agung, Jakarta Selatan, penjagaan juga cukup ketat. Petugas gabungan dari Polri dan TNI membawa dua buah panser untuk menghalau masyarakat yang nekat menerobos penjagaan petugas.

Mereka pun harus memutar balik di fly over Lenteng Agung untuk kembali ke Depok. Begitu juga di jalan Raya Bogor, panser juga dihadirkan untuk memblokade masyarakat yang mau ke Jakarta. Mereka pun memutar balik ratusan kendaraan yang akan menuju Ibu Kota.

Pembatasan mobilitas saat PPKM Darurat menggunakan panser



Hanya pekerja sektor esensial dan kritikal yang bisa melintas. Sektor esensial mencakup keuangan, perbankan, pasar modal, sistem pembayaran, teknologi inofrmasi dan komunikasi, perhotelan nonpenanganan karantina Covid-19, serta industri ekspor dan impor.

Baca juga: Daftar Pintu Tol Yang Ditutup Selama PPKM Darurat

Pembatasan mobilitas di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Kendaraan tak bisa melintas ke jalan Thamrin dari Medan Merdeka Barat

Sektor kritikal di antaranya energi, kesehatan, keamanan, logistik dan transportasi, industri makanan dan minuman, petrokimia, semen, objek vital nasional, penanganan bencana, proyek strategis nasional, konstruksi, utilitas dasar, serta industri pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

Berikut kondisi Jakarta saat PPKM Darurat yang dirangkum dalam galeri: