POPULAR STORIES

Subaru Crosstrek 2024 Debut Di Chicago Auto Show

Subaru Crosstrek 2024 Debut di Chicago Auto Show Foto: Subaru

KabarOto.com - Subaru Crosstrek adalah salah satu modelnya yang paling populer dengan perpaduan antara gaya wagon yang kompak dan tinggi serta kemampuan off-road yang ringan. Chicago Auto Show di Amerika Serikat menjadi lokasi debut luar Jepang untuk Subaru Crosstrek, yang kini memasuki generasi ketiganya dengan tampilan baru, baik luar dan dalam bersama dengan peningkatan performa dan teknologi layar lebar untuk model tahun 2024.

Desain eksterior baru menampilkan suar spatbor yang lebih menonjol dan lekuk bodi yang lebih agresif. Secara visual, perbedaan terbesar adalah fasia depan yang lebih berani dengan gril yang lebih besar dan lampu depan yang lebih kecil.

Baca juga: All-New Subaru Crosstrek 2023 Diperkenalkan Di Jepang

Tampilan baru menyembunyikan peningkatan aerodinamis yang pertama kali dipamerkan pada sedan Subaru WRX, seperti saluran udara di belakang lengkungan roda depan yang mengurangi hambatan, sekaligus menjaga ground clearance Crosstrek 8,7 inci tetap utuh.

Volume interior telah diubah sedikit, memberikan ruang kaki yang lebih lega. Setidaknya ruang kargo akan lebih luas lagi (dengan baris kedua dilipat) lebih mudah diakses melalui palka belakang 41,0 inci yang lebih lebar dengan ketinggian lift-over yang lebih rendah.

Subaru mengklaim kabin Crosstrek yang diperbarui lebih senyap dan menampilkan material yang lebih premium. Dasbor dengan rangkaian infotainment layar 7 inci dengan kabel Android Auto dan Apple CarPlay, sistem navigasi Starlink Subaru dengan layar vertikal 11,6 inci yang besar. Layar besar dilengkapi dengan upgrade ke CarPlay nirkabel dan konektivitas Android Auto, peta oleh TomTom, integrasi What3words dan SiriusXM Travel Link.

Fitur bantuan kemudi darurat otomatis baru bergabung dengan kumpulan trik Crosstrek 2024 sebagai bagian dari paket peningkatan opsional yang mencakup pemantauan titik buta, bantuan perubahan jalur, dan peringatan lalu lintas lintas belakang.

Sasis Crosstrek dikatakan 10% lebih kaku dari generasi sebelumnya, berkat penggunaan lebih dari tiga kali perekat lapisan struktural. Hal ini memungkinkan suspensi bekerja lebih efisien, semoga meningkatkan kenyamanan dan performa selama pengendaraan generasi kedua yang sudah seimbang dengan baik. Crosstrek baru juga mewarisi rak power steering elektrik dual-pinion WRX.

Crosstrek akan ditawarkan dengan dua pilihan mesin, untuk model Base dan Premium ditenagai oleh Boxer 4 silinder 2.000 cc yang menghasilkan 152 dk dan torsi 196,6 Nm. Sementara trim Sport dan Limited menggunakan mesin Boxer 4 silinder 2.400 cc, dengan tenaga sebesar 182 dk dan torsi 241 Nm.

Baca juga: Subaru Crosstrek Dan Rex Bergaya Off-road Tampil Di Tokyo Auto Show 2023

Transmisi menggunakan model CVT Lineartronic dengan penggerak Subaru Symmetrical All-Wheel Drive yang sudah direvisi dari model sebelumnya, untuk peningkatan kinerja pada jalur on-road dan off-road.

Subaru Crosstrek 2024 dibandrol $26.290 (Rp 398 jutaan) untuk model Base, kemudian Premium $ 27.440 (Rp 416 jutaan), Sport $30.290 (Rp 459 jutaan) dan Limited $32.190 (Rp 488 jutaan).

Hingga berita ini di turunkan, Subaru belum mengumumkan pembaruan untuk Crosstrek Hybrid.