POPULAR STORIES

Subaru Hadirkan Dua Mobil Balap Di Tokyo Auto Salon 2023

Subaru Hadirkan Dua Mobil Balap di Tokyo Auto Salon 2023 Subaru WRX NBR Challenge 2023 (Foto: Subaru)

KabarOto.com - Subaru menghadirkan dua mobil balap di Tokyo Auto Salon 2023. Di mana, keduanya menggunakan basis dari Subaru WRX.

Dimulai dengan Subaru WRX NBR Challenge 2023, model yang berfokus pada trek dirancang untuk balap ketahanan. Ini akan membuat debutnya di balapan Nurburgring 24 Jam pada 20-21 Mei, berkompetisi di kelas SP4. Tahun lalu Subaru membalap dengan WRX generasi sebelumnya tetapi ledakan ban memaksanya untuk meninggalkan balapan. Tahun ini mereka kembali dengan mobil balap baru, mengincar kemenangan ketujuh dalam seri balap tersebut.

Baca juga: Subaru Indonesia Segera Luncurkan Varian WRX

Model baru ini terlihat jauh lebih agresif dibandingkan pendahulunya, berkat bodykit lebar, komponen aero besar, dan livery balap keren dengan finishing matte. Mobil ini memiliki canard berukuran besar, sepatbor lebar dengan ventilasi terintegrasi, ventilasi tambahan di samping bonnet scoop yang khas, sayap belakang sangat tinggi, dan diffuser dipasang rendah.

Subaru WRX Rally Challenge 2023

Sebagai kendaraan khusus aspal, ia berada sangat dekat dengan tanah dan menggunakan ban balap yang dipasok oleh Falken. Subaru WRX NBR Challenge 2023 akan dikendarai oleh Carlo Van Damme dari Belanda dan Tim Schlick dari Jerman, bersama Hideki Yamauchi dan Tauto Iguchi dari Jepang.

Kendaraan kedua sangat berbeda, karena dirancang untuk bersaing di Kejuaraan Reli Jepang dengan memanfaatkan perubahan regulasi tahun ini.

Subaru WRX Rally Challenge 2023 juga berbasis WRX S4 generasi terbaru, dengan sejumlah modifikasi. Model yang dipamerkan di Tokyo ini sebenarnya merupakan preview, dari mobil reli yang masih dalam pengembangan dan diperkirakan akan debut pada pertengahan 2023.

Baca juga: Rayakan 50 Tahun All-Wheel Drive, Subaru Forester XT-Editon Meluncur

Subaru WRX Rally Challenge 2023 terlihat lebih mirip dengan model spek produksi dibandingkan dengan WRX NBR Challenge 2023.

Selain livery mewah dengan grafis merah dan hitam dengan warna biru, ia menampilkan pelek spek reli warna putih dibalut ban Yokohama Advan rubber, sayap belakang berbeda, sepasang ventilasi di kap mesin, dan satu pipa knalpot di belakang.

Kedua model dilengkapi dengan mesin FA24 turbocharged berkapasitas 2.400 cc, dengan kondisi penyetelan yang berbeda, sesuai dengan regulasi dan kebutuhan khusus dari setiap seri motorsport.