Subaru STI E-RA Concept, Punya Misi Patahkan Rekor Sirkuit Nurburgring

Subaru STI E-RA Concept, Punya Misi Patahkan Rekor Sirkuit Nurburgring Subaru STI E-RA Concept (Dok: Subaru)

KabarOto.com - Subaru telah meluncurkan dua mobil konsep listrik di Tokyo Auto Show 2022, masing-masing dijuluki STI E-RA Concept dan Solterra STI Concept.

Dari keduanya, Konsep STI E-RA yang paling banyak mendapat perhatian. Ini telah dibuat sebagai proyek studi motorsport dengan Subaru yang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman darinya untuk mengembangkan teknologi motorsport baru.

Tujuan utama pembuat mobil Jepang dengan konsep Subaru STI E-RA adalah untuk menyelesaikan putaran kurang dari 6 menit dan 40 detik di Nurburgring pada tahun 2023 setelah menguji mobil secara ekstensif di Jepang.

Baca Juga : Mulai Penjualan 2022, Ini Yang Bakal Jadi Senjata Subaru Indonesia

Subaru STI E-RA dibekali empat motor listrik dan inverter terintegrasi yang bersumber dari Yamaha. Motor-motor ini digabungkan untuk menghasilkan 1.073 dk dan ditenagai oleh baterai lithium-ion 60 kWh.

Subaru juga telah melengkapi konsep dengan teknologi vectoring torsi kompleks yang menerima sinyal dari sensor yang menentukan kecepatan roda, kecepatan kendaraan, sudut kemudi, G-force, yaw speed, tekanan rem, dan beban roda untuk menentukan drive terbaik dan tekanan pengereman untuk setiap roda.

Baca Juga : Subaru Solterra Jadi SUV Listrik Paling Andal

Eksteriornya mengusung E-RA (Electric Record Attempt) dengan tampilan mencolok yang tidak berbeda dengan mobil balap prototipe. Di bagian depan terdapat satu set lampu LED daytime running. Ada juga splitter depan yang menonjol, bukaan di lengkungan roda depan untuk membantu aerodinamis, dan roof scoop yang besar. Konsep ini juga mengguncang berkat sayap belakang besar dan diffuser besar.

Konsep kedua yang merayakan debut dunianya di Tokyo Auto Salon adalah Subaru Solterra STI Concept. Ini didasarkan pada model produksi saat ini dan menampilkan spoiler atap baru serta aksen merah di splitter depan, side skirt, dan diffuser belakang.