POPULAR STORIES

Sukses Di Negara Asal, Vinfast Lirik Bisnis Penyewaan Baterai Di Indonesia

Sukses di Negara Asal, Vinfast Lirik Bisnis Penyewaan Baterai di Indonesia Vinfast kembangkan bisnis, hadirkan penyewaan baterai di Indonesia (Vinfast)

KabarOto.com - VinFast kini melirik bisnis penyewaan baterai di Indonesia. Kebijakan ini berhasil dijalankan di Vietnam. Mereka menawarkan solusi menarik bagi pecinta otomotif di Indonesia, khususnya yang sedang melirik kendaraan listrik pertama untuk beraktivitas.

Bagi pembeli mobil, pertanyaan tentang nilai jual sangat bergantung pada keandalan yang disertai oleh umur kendaraan dan masa kepemilikan. Dalam industri kendaraan listrik, kekhawatiran ini semakin kompleks, dengan hadirnya kesadaran akan masa pakai baterai.

Latar belakang masalah

Kesehatan baterai menentukan jangkauan kendaraan listrik, dan nilai jual. Hal ini menjadi sumber kekhawatiran bagi pengemudi, sebuah faktor yang dapat menurunkan nilai sebuah mobil secara signifikan.

“VinFast hadir menawarkan kebijakan penyewaan baterai, sebuah potensi baru yang dapat memisahkan komponen battery pack dari harga pembelian mobil. Dengan penawaran ini, kami komitmen untuk mengatasi kekhawatiran yang paling mengganggu pemilik kendaraan listrik, yakni degradasi baterai,” ujar Tran Quoc Huy, CEO VinFast Indonesia.

Baca Juga: Motor Listrik Yadea Beri Potongan Harga Sampai Rp 2,4 Juta Selama Bulan Ramadan 2024

Huy menambahkan, jika kesehatan baterai turun di bawah 70% dari kapasitas aslinya, VinFast akan menggantinya secara gratis. "Hal ini menghilangkan kekhawatiran dan potensi biaya tinggi untuk mengganti sendiri baterai yang rusak, pengeluaran yang signifikan pada kepemilikan kendaraan listrik tradisional,” kata Huy.

Dengan mengganti baterai yang kapasitasnya di bawah 70%, dan bertanggung jawab atas semua kegagalan baterai, VinFast memastikan kendaraan listrik listrik pelanggan mempertahankan kinerja optimal, yang berpotensi menghasilkan nilai jual kembali yang lebih tinggi di kemudian hari.

Sepanjang kepemilikan pelanggan, VinFast menanggung semua biaya pemeliharaan baterai. Hal ini memastikan baterai menerima perawatan ahli, yang diperlukan agar dapat berfungsi secara optimal serta memperpanjang masa pakainya.

Baca Juga: Otoproject Maxmat 7D, Karpet Mobil Listrik Custom Sesuai Selera

Kerjasama dengan berbagai perusahaan

Baterai kendaraan listrik diperoleh dari perusahaan batera dengan kemampuan daur ulang hingga 95%. Untuk memastikan pengelolaan baterai yang bertanggung jawab, VinFast klaimnya menggunakan model penyewaan baterai, untuk mengganti dan menggunakan kembali yang sudah ada sebagai unit penyimpanan energi.

VinFast telah menjalin kemitraan global dengan Li-Cycle, sebuah perusahaan asal Kanada untuk daur ulang baterai. Perusahaan juga mengumumkan Memorandum of Understanding (MOU) dengan Marubeni Corporation asal Jepang.

Marubeni diharapkan dapat memanfaatkan teknologi eksklusif dari mitra strategisnya untuk mendaur ulang baterai kendaraan listrik VinFast.

Mengubahnya menjadi Battery Energy Storage System (BESS) yang terjangkau dan mudah diproduksi, tanpa memerlukan pembongkaran, pemrosesan, dan pengemasan ulang baterai.