POPULAR STORIES

SUV Terkencang Di Nurburgring, Audi RS Q8 Resmi Meluncur

SUV Terkencang di Nurburgring, Audi RS Q8 Resmi Meluncur AUDI

KabarOto.com – Memanfaatkan Los Angeles Auto Show 2019 yang digelar sejak 22 November hingga 1 Desember mendatang, pihak Audi secara resmi meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) Coupe paling anyar mereka, Audi RS Q8.

Audi RS Q8 sudah dinobatkan sebagai SUV terkencang saat ini di Nürburgring dengan catatan waktu 7:42.253 detik. Pada tahun ini pihak Audi telah memperkenalkan 3 line-up “Q” terbaru dengan varian RS yaitu RS Q3, RS Q3 Sportback dan RS Q8.

SUV Coupe ini menggunakan mesin yang sama dengan RS6 Avant dan RS7 Sportback, yaitu unit 4.0 TFSI, V8 twin-turbo dengan sistem mild-hybrid. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga hingga 592 dk dan torsi 800 Nm. Pihak Audi klaim SUV ini dapat mencapai 0-100 kpj hanya dalam 3,8 detik saja, hasil ini hanya beda beberapa milidetik saja dengan Lamborghini Urus yakni 3,6 detik.

Mesin V8 berani tantang Lamborghini Urus

Dengan sistem mild-hybrid bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan menghemat bahan bakar sebanyak 0.8 liter per 100 km. Selain itu, sistem cylinder on demand (COD), mesin ini dapat mematikan 2, 3, 5 silindernya di kecepatan medium dan intake serta katup pembuangan sedikit di tutup.

Dalam pemakaian dalam kota atau kecepatan sedang mobil ini hanya menggunakan 4 silindernya saja. Namun, saat sobat KabarOto menginjak pedal gas lebih dalam mesin V8-nya akan bekerja normal kembali. Tenaga besar tadi disalurkan ke semua empat roda dan disambung ke transmisi 8 percepatan otomatis tiptronic.

Agar tenaga seimbang dan tidak terbuang percuma akibat ban berputar berlebihan, RS Q8 menyalurkan tenaga sebanyak 40% pada roda depan, sementara 60% untuk roda belakang. Saat membutuhkan traksi lebih baik dengan mengaktifkan mode berkendara teratas, masing-masing roda dapat secara maksimal menyalurkan tenaganya, dengan jumlah maksimum 70% di depan, dan 85% di roda belakang.

Pada bagian suspensi, Audi membekali dengan adaptive suspension diklaim serba bisa. Pengaturan bantingan lembut sampai sporty yang kaku, bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika Sobat ingin lebih mumpuni di sirkuit, terdapat perangkat opsional Electromechanical Active Roll Stabilization (EAWS).

Stabilizer ini dapat menahan secara aktif dengan bantuan motor listrik agar tidak limbung saat menikung. RS Q8 juga sudah dibekali sistem all-wheel steering.

Sobat bisa mengatur Audi drive select dynamic handling system, terdapat ada delapan mode yang bisa dipilih yaitu comfort, auto, dynamic, efficiency, allroad, offroad dan Individual RS1 dan RS2. Untuk RS-Mode tombolnya terletak pada kolom setir.

Audi Drive select akan mengubah sistem mesin, transmisi, steering boost, air suspension, all-wheel steering dan sistem AC mobil.

Dalam keadaan standar Audi RS Q8 dilengkapi pelek berdiameter 22 inci dengan motif bintang 10-spoke dibalut ban 295/40. Jika kurang besar Audi menawarkan pelek 23 inci motif 5 Y-spoke dengan desain khusus. Pada bagian rem dibekali kaliper besar 10 piston dengan ukuran 420 mm untuk depan dan belakang 370 mm.

Nuansa mewah kuat mengakar di dalam kabin, pihak Audi memilih jok yang di lapisi kulit Alcantara berwarna hitam dengan embos logo RS. Terdapat opsi kulit Valcona dengan motif honeycomb seperti pada gril depan. Digital instrument cluster sudah menjadi standar dan terdapat opsi head-up display.

Mobil ini akan mulai dijual di Eropa pada quartal pertama 2020, dengan harga untuk pasar Jerman EUR127.000 atau setara dengan Rp 1,98 miliar.

Jadi bagaimana, tertarik untuk membawa pulang SUV tercepat di sirkuit Nürburgring ini?