POPULAR STORIES

Suzuki Andalkan SUV Hybrid Menuju Tahun 2024

Suzuki Andalkan SUV Hybrid Menuju Tahun 2024 Suzuki Grand Vitara (Foto: Suzuki)

KabarOto.com - Menuju tahun 2024, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) fokus pada produk SUV untuk mendukung penjualannya, di mana line up produknya telah dibekali teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Teknologi ini memungkinkan mobil dapat mengoptimalkan penggunaan energi dan mengurangi emisi gas buang berkat penggabungan antara mesin konvensional dengan ISG (Integrated Starter Generation) dan Lithium-ion Battery.

Berdasarkan data European Commission dalam laporan GHG Emissions of All World Countries 2023, total volume emisi gas rumah kaca Indonesia pada tahun 2022 adalah 1,24 gigaton atau sama dengan 2,3% dari total emisi gas rumah kaca secara global dan mengalami peningkatan hingga 10% dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Diler Suzuki Marine Resmi Beroperasi Di Wilayah Sulawesi Utara

Menanggapi isu ini, Pemerintah Indonesia mulai menargetkan adanya Net Zero Emission pada tahun 2060 mendatang. Langkah awal yang dilakukan adalah mengurangi emisi CO2 hingga 41% yang diharapkan dapat terjadi pada tahun 2030.

Caption

Dengan hal ini, Suzuki pun mendukung upaya tersebut dan telah melakukan beberapa hal, baik dalam skala global maupun nasional. Secara global, Suzuki tengah mengembangkan kendaraan listrik yang tepat di beberapa negara seperti Jepang, Eropa, dan India.

"Melihat data mengenai peningkatan volume emisi gas rumah kaca Indonesia, kami menyadari bahwa perlu adanya langkah pengurangan penggunaan energi untuk mengatasi berbagai persoalan lingkungan yang terjadi," ujar Harold Donnel, 4W Marketing Director PT SIS.

Baca Juga: Suzuki Gelar Servis Gratis Untuk Ambulans, Ini Layanan Servisnya

Dengan mempertimbangkan ketersediaan infrastruktur dan kemampuan pasar secara umum, Suzuki berinisiatif untuk mengurangi penggunaan bahan bakar serta meminimalisir emisi gas buang yang dihasilkan kendaraan melalui teknologi hybrid.

Menurut pengujian internal, teknologi SHVS yang disematkan pada setiap kendaraan Suzuki mampu mereduksi emisi gas buang sampai dengan 15% jika dibandingkan dengan model non-hybrid. Teknologi SHVS bekerja lewat dukungan dari dua komponen yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery yang melengkapi keberadaan mesin pembakaran internal (ICE).

Suzuki sendiri menawarkan pilihan hybrid pada model SUV-nya seperti Grand Vitara dan New XL7 Hybrid.