POPULAR STORIES

Suzuki Belum Bisa Putuskan Nasib Karimun Wagon R Di Indonesia

Suzuki Belum Bisa Putuskan Nasib Karimun Wagon R di Indonesia Suzuki Karimun Wagon R

KabarOto.com - Hadir sebagai mobil yang masuk dalam program Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar (KBH2) atau yang lebih dikenal dengan low cost green car (LCGC). Tentunya Suzuki Karimun Wagon R memiliki banderol harga yang terjangkau. Segmen ini tercatat memiliki persaingan yang cukup ketat, di mana sejumlah pabrikan mobil dunia juga turut bermain di segmen tersebut.

Sebut saja, si kembar Daihatsu Ayla-Toyota Agya, lalu ada Honda Brio Satya, yang menjadi rival kuat dari Suzuki Karimun Wagon R. Namun sayang, hingga saat ini Suzuki masih enggan untuk melakukan penyegaran bagi produknya itu. Sementara para rival kini tampil lebih modern, dengan sejumlah ubahan serta penambahan fitur baru.

Baca juga: Iklan Suzuki Vitara Di Australia Wajib Kena Edit, Ada Apa?

Menanggapi hal tersebut, Donny Ismi Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan, untuk melakukan penyegaran kepada Karimun Wagon R, tidaklah sembarangan. Karena produk ini sangat terkait dengan negara lainnya yang menjadi tujuan ekspor produk itu.

"Kalau upgrade Karimun, enggak serta-merta untuk Indonesia saja. Tapi kami juga harus cek ke rekan-rekan di Pakistan," ujarnya saat ditemui awak media di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Suzuki Karimun Wagon R

Saat dikonfirmasi lebih lanjut, Donny mengaku bahwa untuk melakukan penyegaran tampilan maupun fitur Karimun Wagon R harus dilakukan secara paralel. Dengan kata lain, penyegaran harus dilakukan bukan hanya pada mobil yang ditawarkan untuk pembeli lokal, namun juga untuk yang dijual di luar negeri.

Jika berangkat dari penjualan Suzuki Karimun Wagon R, memang mobil ini terbilang lebih laris di pasar ekspor. Di mana SIS mencatat bahwa ekspor mobil ini mencapai 3.000 unit per bulan.

Baca juga: 1.127 Unit Mobil Suzuki Terjual Di JFK 2019, Ertiga Dan Carry Jadi Andalan

"Karimun ini di pasar luar negeri lebih banyak, ya berarti harus win-win solution. Kalau mereka (negara tujuan ekspor) minta penyegaran, terus di Indonesia juga minta, kami bakalan upgrade," bebernya.

Untuk diketahui, hingga saat ini Suzuki Karimun Wagon R masih dipasarkan di Indonesia, dengan enam varian yang ditawarkan yakni GA, Blind Van, GL M/T, GL AGS, GS M/T, dan GS AGS. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 112,5 juta hingga Rp 143 juta.

POPULAR STORIES