Iklan Suzuki Vitara Di Australia Wajib Kena Edit, Ada Apa?

Iklan Suzuki Vitara di Australia Wajib Kena Edit, Ada Apa? TVC Suzuki Vitara (istimewa)

KabarOto.com - Untuk mempromosikan sebuah produk, para pabrikan biasanya membuat pariwara atau iklan untuk dapat mengedukasi produk ke masyarakat luas, terkait keunggulan, spesifikasi, hingga fitur yang tersedia.

Dalam mengemas iklan pun dirancang sedemikian rupa agar terlihat menarik, mulai dari menggebernya dengan kencang, hingga mempertontonkan aksi bermain lumpur hingga menaklukkan medan alam yang ganas sebagai efek pemanis iklan.

Namun iklan juga memiliki batasan, jika tidak iklan tidak diperkenankan untuk ditayangkan. Salah satu yang mendapatkan teguran adalah TV Commercial (TVC) mengenai Suzuki Vitara. Di mana Suzuki Australia mendapatkan teguran dari Ad Standards, karena dianggap telah melanggar kode periklanan Federal Chamber of Automotive Industry (FCAI).

Baca juga: Modifikasi Interior Elegan Dari Suzuki Ertiga, Curi Perhatian Juri IAM MBtech Award 2019

Permasalahan terkait iklan itu ditenggarai oleh adanya adegan dalam tayangan iklan yang dianggap tidak aman. Alhasil, sejumlah bagian dalam TVC itu harus di hapus dari iklan Suzuki Vitara yang beredar di Australia.

Dalam video berjudul "For Fun's Sake", tayangan dibuka bersama voice-over, memberikan pernyataan bahwa, "Pada 2035 semua mobil akan mengandalkan swakemudi, kecuali satu ini," dan iklan memperlihatkan suasana futuristik kembali kepada kondisi sekarang, dan beberapa pengemudi membesut keandalan Suzuki Vitara habis-habisan di trek on-road serta off-road. Mulai jalanan dalam kota, trek berlumpur, kubangan air tanjakan hingga turunan yang serba ekstrem.

Selain itu, melanjutkan video ada lagi voice-over menyatakan bahwa mengemudi secara bertanggung jawab bukanlah hal menyenangkan. Bagian-bagian inilah disorot para pengamat di badan sensor iklan, lantas melayangkan pernyataan keberatan bersama Ad Standards.

Meski begitu, pihak prinsipal pabrikan berlogo "S" itu masih tetap mempertahankan iklan tersebut. Menurut Suzuki, pihaknya tidak memiliki niatan sama sekali untuk mengajak calon konsumen atau penonton untuk bertindak tidak aman, terlebih mendorong mereka menjadi pengemudi yang tidak bertanggung jawab.

"Dalam tayangan TVC Suzuki Vitara versi 15 dan 30 detik, kami tidak menggambarkan cara membesut tunggangan secara melanggar hukum atau peraturan apa pun yang berlaku, terkait keselamatan serta peraturan lalu lintas," jelas pihak Suzuki seperti mengutip laman Motoring Australia.

Bagian paling memberatkan adalah penilaian para pengamat saat tunggangan tidak menapak tanah, dan ngebut kencang melewati medan lumpur, serta mundur lagi. Tindakan ini di nilai tidak peduli lingkungan hidup, dan melanggar Klausul 2 (a) Kode FCAI.

Akhirnya, Suzuki Australia pun memutuskan untuk mengedit scene yang dianggap membahayakan atau tidak aman itu, sehingga pariwara bisa kembali muncul di Australia.

Baca juga: 1.127 Unit Mobil Suzuki Terjual Di JFK 2019, Ertiga Dan Carry Jadi Andalan

Setelah iklan Suzuki Vitara diedit, Suzuki Australia menampilkan tayangan iklan yang juga terbilang unik untuk Suzuki Jimny. Di mana dalam TVC bertajuk "For Fun's Sake", seorang pemain sepatu roda atau roller skate meluncur di medan off-road menggunakan sepasang mobil mainan Suzuki Jimny sebagai alas kaki.