POPULAR STORIES

Suzuki Capai Angka Penjualan Positif Sebanyak 89 Ribu Unit

Suzuki Capai Angka Penjualan Positif Sebanyak 89 Ribu Unit Kipli/KabarOto/ SIS

KabarOto.com - Dampak positif penjualan otomotif yang mulai bangkit dirasakan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), mencatatkan penjualan positif hingga tutup tahun 2022.

Secara keseluruhan, pihaknya menctatat total penjualan Suzuki selama tahun 2022 mencapai angka sebanyak 89.067 unit.

Dari catatan penjualan tersebut, New Carry, All New Ertiga, dan XL7 mendominasi sebagai kontributor utama, dalam menyokong angka penjualan Suzuki selama satu tahun penuh.

Baca juga: Mobil Suzuki Buatan Lokal Laris Manis, Carry Pikap Mendominasi

New Carry berhasil berkontribusi sebanyak 60%, kemudian disusul oleh XL7 yang berkontribusi sebesar 18% dan ketiga adalah All New Ertiga yang berkontribusi sebesar 12%.

"Kami ingin berterima kasih kepada pelanggan setia Suzuki yang mempercayakan mobil Suzuki untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya,” terang Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales.

Bila dibandingkan dengan November, catatan penjualan di Desember 2022 mengalami peningkatan sebesar 17%.

Kemudian, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan periode yang sama yaitu Januari hingga Desember, New Carry varian pick-up mengalami peningkatan 2% dengan total penjualan sebanyak 52.322 unit.

Catatan positif lainnya adalah New Carry varian pick-up berhasil menguasai 52% market share, di kategori kendaraan niaga ringan jenis mini pick-up seluruh Indonesia yang total penjualannya mencapai 99.992 unit.

Pada kategori kendaraan niaga berjenis pick-up secara keseluruhan, market share penjualan ritel, New Carry juga berkontribusi sebagai yang terbesar, yaitu 33% dari total penjualan ritel kendaraan niaga jenis pick-up sebesar 156.271 unit.

Baca juga: Beli Suzuki Carry Pikap Bulan Januari Bisa Dapat Motor

Suzuki XL7 mencatatkan penjualan sebanyak 15.998 unit, atau mengalami peningkatan sebesar 9% selama tahun 2022 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sedangkan di Desember, XL7 meningkat sebesar 25% jika dibandingkan dengan bulan November.

Selanjutnya, kontributor utama ketiga adalah All New Ertiga. Bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, All New Ertiga di Desember 2022 mengalami peningkatan sebesar 18%.

Dari keseluruhan varian yang ada di All New Ertiga, varian yang dilengkapi teknologi hybrid berikan kontribusi sebesar 59% selama Desember 2022.

Penjualan ritel varian hybrid di Desember tersebut mengalami peningkatan sebesar 7% dibandingkan bulan sebelumnya.