POPULAR STORIES

Suzuki Perkenalkan All New Ertiga Smart Hybrid Vehicle

 Suzuki Perkenalkan All New Ertiga Smart Hybrid Vehicle All New Ertiga berteknologi ramah lingkungan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

KabarOto.com - Dalam pameran dan parade kendaraan bermotor listrik, diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Monas akhir pekan lalu, menampilkan All New Ertiga berteknologi ramah lingkungan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Hadirnya mobil ini, merupakan upaya SIS untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait rencana penerapan kendaraan bermotor listrik.

Baca Juga: Toyota Dan Suzuki Kerjasama Kembangkan Mobil Listrik Dan Hybrid

Ini bukan mobil pertama ramah lingkungan milik Suzuki, tahun 2017, Suzuki telah memiliki New Ertiga Diesel Hybrid yang mengadaptasi teknologi SHVS dan menjadi pertama di kelasnya dalam hal teknologi ramah lingkungan. "Kami siap mendukung pemerintah menuju masa transisi era mobil listrik, untuk menuju Indonesia bersih udara dan hemat energi,” terang Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

SHVS adalah teknologi mesin mild hybrid

Smart Hybrid Vehicle by Suzuki adalah teknologi mesin mild hybrid yang telah dikembangkan Suzuki secara global. Di Indonesia, teknologi SHVS masih dalam tahap penelitian agar bisa disesuaikan
dengan karakter dan kondisi jalanan di dalam negeri.

Teknologi ini sendiri dibuat untuk sistem penggerak mesin dan telah dilengkapi dengan Integrated Starter Generator (ISG), sebagai pengganti alternator konvensional yang mampu memberikan dukungan tenaga pada mesin, sehingga dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Teknologi SHVS juga dilengkapi Lithium Ion Battery dirancang untuk menyimpan tenaga yang dihasilkan oleh ISG dan akan digunakan ketika mesin membutuhkan dukungan tenaga. Teknologi SHVS ini mencakup efisiensi bahan bakar, ringan, dan kompak sehingga merupakan sistem yang ideal untuk mobil-mobil kompak.

Baca Juga: Usung Mesin Listrik, Jiplakan All New Suzuki Jimny Muncul Di Tiongkok

Teknologi SHVS ini memiliki sistem kerja yang sederhana. Diawali ketika kendaraan pada posisi berhenti serta pengemudi tidak menginjak pedal dan gigi pada posisi ‘N’ atau netral, maka secara otomatis kendaraan akan melakukan Engine Auto Stop yang berfungsi mematikan mesin, namun sistem kelistrikan tetap menyala. Kemudian apabila pedal diinjak, secara otomatis ISG akan menyalakan kembali mesin kendaraan.