Suzuki Targetkan Mampu Sabet 11,1% Pangsa Pasar Di 2019

Suzuki Targetkan Mampu Sabet 11,1% Pangsa Pasar di 2019 All New Suzuki Ertiga

KabarOto.com - Di tengah persaingan industri otomotif di tahun 2019 yang semakin ketat, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) optimis mampu meraih pertumbuhan market share menjadi 11,1% di pasar domestik. Suzuki Indonesia pun mengklaim bahwa pasar mobil domestik tumbuh 9% menjadi 1,19 juta unit tahun ini.

Untuk mewujudkan hal itu, Suzuki pun berencana untuk mengoptimalkan penjualan produk lokal mereka seperti All New Ertiga dan juga Carry. Suzuki pun berencana untuk menghadirkan produk terbaru mereka untuk Indonesia, serta meningkatkan penjualan line-up produk mereka, seperti Karimun Wagon R, APV, Ignis, Baleno, dan SX4 S-Cross.

"Suzuki juga masih akan mengikuti berbagai pameran akbar di dalam negeri, baik nasional maupun regional, seperti IIMS, PRJ, dan GIIAS. Melalui keikutsertaan kami diajang tersebut, sebagai bentuk upaya Suzuki untuk lebih mendekatkan diri dengan pelanggan, sekaligus memperkenalkan produk-produk unggulan," jelas 4W Deputy Managing Director PT SIS, Setiawan Surya.

Baca juga: Catat Nih! Harga Suzuki Ertiga Terbaru Mulai Dari Rp 215,5 Juta

Selain itu, di tahun 2019 ini, Suzuki pun berencana untuk lebih mendekatkan diri dengan konsumen melalui pembukaan 6 outlet baru di Indonesia, yang diharapkan dapat memberikan nilai lebih bagi konsumen yang membutuhkan layanan servis serta suku cadang Suzuki.

Tidak hanya pasar domestik, permintaan kendaraan Suzuki dari berbagai negara pun turut meningkatkan target ekspor Suzuki Indonesia. Tahun 2019 ini, Suzuki menargetkan kenaikan jumlah ekspor mobil dalam bentuk CBU dan CKD sebesar 5% atau sebanyak 67.000 unit.

Sepanjang tahun 2019, Suzuki akan mengekspor All New Ertiga, APV, Karimun Wagon R, dan Carry Pick Up dalam bentuk utuh dan terurai ke-52 negara tujuan ekspor.

Sejak Februari 2019, Suzuki juga mulai mengekspor All New Ertiga dalam bentuk semi knock down (SKD) ke negara tujuan baru, yaitu Myanmar. Sepanjang tahun 2019, Suzuki berencana akan mengirimkan 5.500 unit kendaraan yang terdiri dari painted body, engine, dan komponen lainnya.

Tahun ini pun Suzuki akan turut meningkatkan layanan purna jualan mereka melalui penerapan new standard quality service di bengkel resmi, di mana konsumen bisa melakukan online booking untuk perawatan rutin serta melacak tahap pengerjaan service melalui aplikasi.

Suzuki menargetkan jumlah kendaraan yang melakukan perawatan di bengkel resmi meningkat hingga 9,8% atau sebanyak 1.1 juta unit. Suzuki juga akan memperluas layanan bengkel Body and Paint dengan membuka 8 bengkel di Sumatera, Jawa, Bali, dan Maluku.

Baca juga: Ekspor Suzuki Indonesia Moncer Di 2018, Ini Catatannya!

Sementara dari sisi suku cadang, Suzuki optimistis mampu meraih pendapatan penjualan suku cadang hingga 10% pada tahun 2019. Suzuki berkomitmen untuk menghadirkan varian SGP, SGO, maupun SGA yang baru seiring adanya penjualan unit baru dan pertumbuhan populasi kendaraan. Pabrikan asal Jepang itu juga akan terus mengembangkan jaringan pemasaran suku cadang untuk memberi kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan.