POPULAR STORIES

Suzuki Vitara Brezza Bakal 'Gendong' Mesin Baru, Serupa Dengan Ertiga

Suzuki Vitara Brezza Bakal 'Gendong' Mesin Baru, Serupa Dengan Ertiga Suzuki Vitara Brezza (Istimewa)

KabarOto.com - Penjualan Suzuki Vitara Brezza memang terbilang cukup menjanjikan di pasar otomotif Negeri Hindustan. Maruti Suzuki, agen pemegang merek Suzuki di India mencatat pertumbuhan penjualan bagi model andalannya itu. Untuk menjaga kinerja penjualan mereka, Maruti Suzuki pun menyiapkan sejumlah strategi, salah satunya adalah menjaga emisi gas buang dari mesin produk mereka tetap ramah lingkungan.

Sebagai upaya nyata, Maruti Suzuki pun berencana untuk mengganti mesin diesel yang saat ini tersemat di Vitara Brezza, dengan mesin bensin dan juga hybrid. Rencananya, mesin yang digunakan adalah mesin 1.5L dengan kode K15B yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 105 dk dan torsi 138 Nm.

Baca juga: Suzuki Carry Pick Up Masih Memimpin Segmen Kendaraan Niaga Ringan

Mesin tersebut merupakan mesin yang juga digunakan oleh generasi kedua Suzuki Ertiga dan juga Suzuki Ciaz. Tidak sampai disitu saja, mobil yang bermain di segmen SUV ini juga akan dilengkapi sistem Smart Hybrid Suzuki, yang dilengkapi generator starter terintegrasi dan pengaturan baterai ganda.

Menurut informasi dari pihak pabrikan, tersedia opsi kedua bahwa Maruti sedang mempertimbangkan membawa mesin bensi Boosterjet 1.0 liter yang diadopsi dari Baleno RS untuk Vitara Brezza.

Suzuki Vitara Brezza

Jika benar menggunakan mesin itu, dampaknya membuat banderol mobil jadi lebih mahal, dan juga bahan bakar pun bisa jadi tidak sesuai harapan. Selain itu, putaran bawah mesin BoosterJet diperkirakan kurang maksimal dengan karakter Brezza.

Sementara untuk mesin 1.5L jika benar digunakan oleh Vitara Brezza terbaru memang bukan mesin terbaik, namun pastinya menjanjikan efisiensi bahan bakar yang baik.

Mesin tersebut diaplikasikan melalui transmisi manual 5-kecepatan. Maruti Suzuki juga berencana akan memperkenalkan transmisi otomatis 4-percepatan.

Baca juga: Suzuki Jual 869 Unit Mobil Di GIIAS Surabaya 2019

Lebih lanjut, pihak pabrikan sendiri belum konfirmasi terkait kapan produk tersebut bakal dieksekusi. Namun laporan terbaru menunjukkan, Maruti akan membuat beberapa perubahan tampilan pada bensin 1.5L Vitara Brezza.

Selain mesin bensin, Vitara Brezza akan mendapatkan opsi mesin diesel baru di tahun ini. Mesin diesel 1.5L itu berkode DDiS 225 yang pernah memulai debutnya pada sedan Ciaz. Mesin ini lebih hemat daripada diesel Brezza yang saat ini digunakan berkode DDiS 200.

POPULAR STORIES

HOT