POPULAR STORIES

Suzuki Vitara Full Hybrid Rilis, Lekukan Bodi Samping Ingatkan Generasi Pertamanya

Suzuki Vitara Full Hybrid Rilis, Lekukan Bodi Samping Ingatkan Generasi Pertamanya Suzuki Vitara Hybrid. Dok : Suzuki

KabarOto.com – Suzuki baru saja merilis Suzuki Vitara Full Hybrid ke pasaran. Ini jadi langkah besar pabrikan asal Jepang tersebut mengembangkan sumber tenaga baru di mobilnya.

Bicara soal tampilan, kap mesin clamshell berciri khas model Vitara tetap dipertahankan guna memberikan tampilan gagah. Lalu desain bumper depan juga baru agar tampak lebih segar dan modern. Garis lekukan bodi samping pun mengingatkan pada Vitara generasi pertama tahun 1988. Dilengkapi pula aksesori pendamping seperti underguard belakang dan roofrail yang mengentalkan karakter SUV-nya.

Fiturnya pun cukup lengkap walau dari varian paling basis, seperti SZ-T sudah mencakup tujuh airbag, lampu depan multireflektor LED hingga konektivitas USB dan Bluetooth. Ada juga Blind Spot Monitor, Adaptive Cruise Control, AC otomatis, jendela elektrik, keyless entry and start, pelek alloy berwarna 17 inci, kaca privasi belakang, jahitan putih untuk trim jok, audio link Smartphone dan sistem navigasi hadir sebagai standar.

Lalu varian SZ5 mendapat pelek 17 inci dengan finishing berbeda. Lalu bahan jok suede, sunroof panoramic, sensor parkir depan dan belakang serta ada varian ALLGRIP 4WD sebagai opsi.

Baca Juga : New Suzuki Wagon R Makin Imut, Sudah Buka Harga

Vitara tersedia dalam total 11 warna berbeda yang salah satunya adalah warna solid, lainnya termasuk finishing metalik dan enam warna metalik dual-tone dengan warna atap Cosmic Black.

Mesin mengandalkan K15C terbaru terdiri dari baterai lithium-ion 140V dan inverter, Unit Generator Motor (dikenal sebagai MGU), baterai lithium-ion 12V. Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimal sebesar 115 dk dan digabungkan dengan motor listrik bertenaga 33 dk. Tenaga tersebut disalurkan ke transmisi AGS dan mampu melesatkan Vitara dari 0-100 kpj dalam waktu 12,7 detik.

Di kabin sistem audionya memiliki Smartphone Linkage Display Audio (SLDA) dipantau melalui layar panel sentuh tujuh inci besar. Termasuk peta navigasi tiga dimensi, serta ada koneksi MirrorLink, Android Auto dan Apple CarPlay.

Perlengkapan keselamatan standar mencakup tujuh airbag, termasuk airbag lutut pengemudi serta sabuk pengaman pre-tensioner dan force limiter.

Baca Juga : Suzuki Swift Dibekali Fitur Baru, Harganya Rp232 Jutaan

Ada juga Dual Sensor Brake Support (DSBS) yang efektif bekerja mulai kecepatan 5 kpj hingga 100 kpj. Jika sistem menemukan adanya risiko tabrakan dengan kendaraan di depan, sistem akan mengeluarkan peringatan audio dan visual. Jika ada risiko tabrakannya, tinggi sistem akan meningkatkan gaya pengereman.

Blind Spot Monitor juga meningkatkan keselamatan saat pengendara ingin berpindah lajur. Mengandalkan dua sensor di sisi belakang yang mampu mendeteksi kendaraan mendekati blind spot di belakang. Setelah terdeteksi, ikon LED peringatan menyala di kaca spion.

Lane Departure dan juga Lane Departure Prevention adalah fitur standar di semua model Vitara hybrid. Saat kendaraan melaju dengan kecepatan sekitar 60 kpj hingga 160 kpj dan berpindah jalur tanpa pengemudi menggunakan lampu sein, maka sistem akan bergetar dan memberikan tanda ke setir serta menyalakan indikator peringatan di instrumen cluster.

Jajaran Vitara Full Hybrid dibanderol dengan harga 25.499 Euro atau setara Rp 382 jutaan untuk SZ-T, 27.499 Euro Euro atau Rp 420 jutaan untuk SZ5 2WD dan 29.299 Euro untukEuro atau Rp 468 jutaan model SZ5 ALLGRIP.