POPULAR STORIES

Suzuki XL7 Buatan Cikarang Paling Banyak Diekspor

Suzuki XL7 Buatan Cikarang Paling Banyak Diekspor

KabarOto.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatatkan hasil ekspor yang positif untuk mobil yang diproduksi di Indonesia. Sepanjang Juni 2020, produsen mobil asal Jepang ini mengekspor sebanyak 1.156 unit, naik dibandingkan hasil bulan sebelumnya sebanyak 468 unit.

Namun, ekspor mobil buatan pabrik Cikarang (Jawa Barat) masih di bawah hasil bulan April 2020 sebanyak 1.438 unit. Sedangkan, angka rata-rata ekspor Suzuki pada Januari-Maret 2020 sebelum wabah Covid-19 bisa mencapai 4.200 unit per bulan.

Baca Juga : Ini Dia Mobil Safety Car F1 Mercedes-Benz Era 1990-an

Melansir data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) total ekspor CBU pada Juni sebanyak 8.731 unit, meningkat dibandingkan bulan Mei sebesar 6.540 unit. Sedangkan rata-rata ekspor CBU Januari-Maret 2020 mencapai 25.861 unit.

Suzuki XL7 menjadi mobil yang paling banyak di ekspor, mobil yang baru diluncurkan tahun ini sudah berkontribusi 43% dari total Suzuki Indonesia.

Harold Donnel, Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan, “Sejauh ini belum ada peraturan khusus terkait Covid-19 yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan ekspor.

“Pengaruh Covid-19 lebih kepada volume ekspor yang belum sesuai rencana awal karena permintaan dari negara tujuan juga berkurang,” jelas Harold.

“Kami fokus untuk pemulihan dulu saat ini. Tapi kami harap bisa mencapai target yang sudah kami buat,” pungkasnya.

Di Indonesia sendiri Suzuki telah memiliki empat pabrik, yakni Cakung Plant, Tambun I Plant, Tambun II Plant, dan Cikarang Plant. Sementara untuk pasar domestik, Pabrik Tambun 2 merupakan lokasi produksi model-model yang lebih banyak ditujukan untuk pasar domestik, seperti New Carry Pick Up, APV, dan Karimun Wagon R.