POPULAR STORIES

Switch Electric Motorcycles, Bermain Scrambler Elektrik

Switch Electric Motorcycles, Bermain Scrambler Elektrik Penulis: BagusWS/KC

KabarOto.com - Motor elektrik identik dengan bentuknya yang kaku, dan biasanya lebih ke arah robot. Bentuk futuristik tersebut berlawanan dengan desain yang dibuat oleh pabrikan Switch Electric Motorcycles.

Switch Electric Motorcycles telah mendesain dan menyempurnakan motor listrik buatan mereka yang bernama Switch Motorcycles eScrambler. Motor ini juga sekaligus menjadi contoh scrambler yang indah dengan ban menonjol dan desain yang cukup klasik, tanpa menghilangkan sisi futuristik dan kemajuan teknologinya.

Baca juga: Kawasaki Patenkan Konsep Roda Tiganya

Meskipun baru berwujud sebuah konsep, namun Switch ternyata sedang berupaya memproduksi motor ini secepat mungkin, paling tidak pada tahun 2022.

Adapun eScrambler juga memiliki performa yang bisa diandalkan. Hal tersebut tidak lepas dari orang-orang yang ada di balik pembuatan motor itu. Seperti Michel Riis yang adalah mantan pedesain produsen motor Jepang, Yamaha dan juga sekaligus mantan pebalap flattrack asal Denmark.

Motor ini membutuhkan waktu hanya 3,2 detik untuk mencapai kecepatan 0-100 kpj, selain itu scrambler elektrik ini juga memiliki kecepatan maksimal 150 kpj. Jarak tempuh yang bisa dilalui motor ini dalam satu kali pengecasan penuh yaitu 150 km. Jarak tersebut terbilang cukup jauh dan cukup irit jika kita memakainya di dalam perkotaan yang macet.

Walaupun masih sebuah konsep, desain fisik eScrambler ini pun sudah terlihat cantik. Dari bentuk rangka sampai kotak baterai yang terbuat dari aluminium semi glossy dan diberi sentuhan warna abu-abu.

Motor ini memiliki daya sebesar 50 kWh atau setara dengan 67 dk. Memungkinkan laju motor ini spontan. Sementara untuk kaki-kaki, Switch menggunakan pelek berukuran 18 inci lansiran KTM, dan satu sokbreker belakang dari KTM juga.

Adanya layar kecil yang multifungsi, tampilannya selain bisa dijadikan speedometer bisa juga digunakan sebagai GPS atau penunjuk jalan. Lebih mencengangkannya lagi, layar tersebut juga memilik USB phone charging.

“Hal paling besar pada motor ini adalah sistem ABS, pemasangan membutuhkan waktu 9 bulan. Kita tidak bisa asal membeli lalu memasangkannya pada motor ini, kita harus meriset dan mendesain lagi agar cocok dan maksimal penggunaannya pada motor ini,” ujar Matthew Waddick selaku founder dari Switch Electric Motorcycles.