Kawasaki Patenkan Konsep Roda Tiganya

Kawasaki Patenkan Konsep Roda Tiganya Penulis: Bagas/KC

KabarOto.com – Setelah Yamaha Niken beredar, Kawasaki mulai mematenkan model motor roda tiganya. Walaupun sama-sama memiliki tiga roda, diyakini berbeda. Jika membahas Yamaha menggunakan ujung depan yang condong, dengan penopang suspensi terpasang pada mekanisme pivot, Kawasaki terlihat menggunakan desain segi empat.

Model masa depan ini menggunakan tautan horizontal untuk memasangkan roda depan daripada menggunakan garpu konvensional. Adapun roda depannya bergerak secara independen satu dengan yang lainya, sementara masih tersisa di bidang vertikal, tanpa aksi miring sama sekali. Seluruh desain didukung oleh peredam kejut tunggal yang dipasang di bagian tengah mesin.

Baca juga: Tutup Gara-gara Virus Corona, Ini Tanggapan Ducati dan Piaggio

Lengan atas terhubung ke anggota kiri dan kanan melalui bagian penghubung pertama dan kedua yang disediakan pada sumbu belok roda depan kiri. Lengan bawah terhubung ke anggota kiri dan kanan melalui bagian penghubung ketiga dan keempat yang disediakan pada sumbu belok roda kanan depan. Batang kemudi diatur ke depan dari poros kemudi. Pada tampilan depan bodi kendaraan, batang kemudi diatur di antara lengan atas dan bawah.

Pemikiran atau ide serius telah dituangkan ke dalam desain ini, namun untuk merealisasikan konsep tersebut dalam kehidupan nyata membutuhkan Teknik tingkat tertinggi dalam mengusahakan mekanika dan fisika aktual agar dapat berfungsi dengan baik dalam skenario berkendara.

Jika, sobat KabarOto tidak tahu konsep ini dapat mengubah tata letak fisiknya saat pengendara memutuskan untuk beralih dari sportbike ke motor touring atau penjelajah kota. Kunci dari kejeniusan desain ini adalah bahwa postur sebenarnya dari pengendara berubah dari gaya racebike ke posisi tegak dan santai.

Seperti yang diketahui semua pengendara berpengalaman, postur tubuh sangat penting dalam mendefinisikan pengalaman berkendara. Kalau penasaran dengan Concept J, kalian bisa tonton video di Kawasaki untuk melihat bagaimana Concept J.

Apa pun masalahnya, Pabrikan motor ini pasti memiliki sesuatu yang luar biasa di agenda mereka. Apakah itu akan muncul sebagai pemenang masih belum diketahui tetapi dilihat dari bagaimana orang memandang Yamaha Niken yang eksotis dan seberapa baik hasilnya setelah dijual.