Tahukah Anda Cara Cek Busi yang Benar? Berikut Tipsnya

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 17 Oct 2016 - 06:00
Tahukah Anda Cara Cek Busi yang Benar? Berikut Tipsnya
Pertama lepas busi dari blok mesin motor menggunakan kunci yang sesuai. Setelah terlepas coba bersihkan (Foto: Istimewa)

Busi merupakan satu perangkat yang cukup penting dalam pengapian motor. Ketika Busi bermasalah (kotor, atau jarak kepala busi dengan badan busi terlalu dekat), yang menimbulkan pengapian tidak stabil dan maksimal, motor akan terasa tidak nyaman, jadi tersendat-sendat saat berjalan, bahkan bisa jadi motor mati tidak mau hidup mesinnya. Berikut langkah media online kabaroto untuk mengetahui perawatan motor khususnya dibagian busi, apakah busi yang ada di motor Bro and Sist masih bisa dipergunakan atau tidak?

Karena bentuk fisik busi yang jelek dan busi normal hampir sama, untuk pengecekan kadang agak kesulitan. Namun ada sedikit cara unik yang bisa kita lakukan untuk mengecek keadaan busi, masih bisa bekerja secara maksimal atau tidak.

Pertama lepas busi dari blok mesin motor menggunakan kunci yang sesuai. Setelah terlepas coba bersihkan, biasanya dengan amplas untuk membersihkan kotoran yang membandel.

Setelah itu jangan langsung pasang busi pada blok mesin, tapi tempelkan busi dengan kutup massa atau bodi terdekat. Dengan keadaan terbuka coba lihat percikan api yang melompat, jika besar berarti busi masih bisa digunakan, namun jika api kecil bisa jadi kinerja busi sudah menurun, apalagi kalau sudah tidak keluar api sama sekali, yang berarti busi sudah mati total, atau tidak bisa digunakan lagi.

Perlu diketahui juga kadang tidak keluarnya api pada Busi bisa jadi koil yang tidak bekerja maksimal. Tetapi ketika penutup busi dilepas dan kabel koil di dekatkan dengan massa masih terdapat percikan api, berarti koil Bro and Sist masih cukup bagus dan hanya businya yang bermasalah.

Baca Juga: