POPULAR STORIES

Tahun Depan, Kia Stinger Berhenti Produksi

Tahun Depan, Kia Stinger Berhenti Produksi Kia Stinger GT-Line 2022 (foto : Kia USA)

KabarOto.com – Pabrikan mobil Kia asal Korea Selatan, baru-baru ini mengumumkan akan menghentikan produksi salah satu sedan premium mereka yaitu, Kia Stinger.

Sebelumnya, pada 2011 pihak Kia menghadirkan mobil konsep GT pada ajang Frankfurt Auto Show. Mobil konsep ini di desain oleh Peter Schreyer dan Gregory Guillaume. Pada 2017, mobil ini akhirnya masuk jalur produksi dengan nama Stinger.

Baca juga: Kia Niro EV 2023 Dibanderol Mulai Dari Rp612 Jutaan

Namun, beberapa tahun belakangan ini banyak kabar bahwa sedan premium ini akan dihentikan produksinya pada bulan April 2023 mendatang. Pasalnya, karena alasan memiliki penjualan yang lesu. Menurut laporan, hingga September lalu mobil ini hanya terjual 1.499 unit di Korea Selatan.

Penjualan mobil ini juga tergeser usai hadirnya Kia EV 6 GT. Di mana mobil listrik ini memiliki desain yang menarik serta performa yang apik. Alhasil, para konsumen ikut beralih karena saat ini sedang era transformasi mobil listrik.

Meski memiliki angka penjualan yang buruk, pihak Kia tidak mengabaikan Stinger dengan memberikan pembaruan. Dengan tampilan yang sporty nan premium ini kini dibekali mesin V6 twin-turbo 3.300 cc yang memiliki keluaran tenaga 368 dk dengan torsi 510 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang atau semua roda melalui transmisi otomatis 8 percepatan.

unit mesin Lambda II T-GDi V6 3.300 cc

Baca juga: Beberapa Perbedaan Kia Carens 1.5 Dan 1.4 Turbo

Mesin ini bertugas untuk menggantikan unit empat silinder 2.000 cc dan 2.500 cc yang memiliki keluaran tenaga hingga 300 dk. Pihak Kia klaim penggunaan mesin lebih bertenaga ini agar dapat menyaingi BMW Seri-4 Grand Coupe.

Pada bagian interior, terdapat layar head unit 10,25 inci yang memiliki konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Head unit ini tersambung ke sistem audio premium dari Harman Kardon 15 speaker. Untuk pasar Amerika Serikat, terdapat varian Stinger Scorpion yang hadir dengan bagian interior dilapisi serat karbon, dan jok kulit Nappa berwarna hitam atau merah.

Meskipun akan dihentikan produksinya, ada kabar bahwa mobil ini akan kembali dengan mesin listrik pada 2025 mendatang. Meskipun belum resmi, kita tunggu saja Sob!