POPULAR STORIES

Tak Puas Hanya Di Cina, Tesla Bakal Bangun Pabrik Di India

Tak Puas Hanya di Cina, Tesla Bakal Bangun Pabrik di India

KabarOto.com - Tesla sepertinya tak puas dengan hanya membangun pabrik mobil listrik di China. Kabarnya, Tesla juga akan merambah Asia dengan membangun pabrik di India.

Dilansir dari Bloomberg, Rabu (20/3/2019), hal ini sempat diutarakan pemimpin Tesla, Elon Musk melalui akun Twitter-nya, beberapa waktu lalu. "Kami akan sangat senang berada di sana (India) tahun ini. Jika tidak, pasti tahun berikutnya!" kata Musk.

Musk menyebutkan alasan mengapa India dijadikan target pembangunan pabrik mobil listrik. India merupakan pasar otomotif terbesar keempat di dunia.

Baca Juga: Tesla Model X Jadi Koleksi Mobil Mewah Terbaru Ahmad Sahroni

Sebelumnya, pemerintah yang dipimpin Narendra Modi itu pernah meminta Tesla mendirikan pabrik di negara mereka. Namun, Musk mengatakan ada beberapa peraturan pemerintah yang menjadi rintangan.

Musk meminta keringanan sementara atas pembatasan impor mobil sampai pabrik lokal Tesla dibangun di India. Tapi, hal itu belum terwujud.

Sebelumnya, Tesla telah mengoperasikan pabrik senilai 5 miliar dolar AS di China sebagai fasilitas manufaktur mobil pertama perusahaan AS itu di luar negeri.

Pabrik Tesla di China dibangun melalui perencanaan selama empat tahun. Langkah tersebut juga sebagai upaya perluasan pasar Tesla sekaligus antisipasi jika pasar otomotif AS menurun.