Tambah Kelas, Persaingan 127 Pembalap Honda Dream Cup Samarinda Bakal Makin Sengit

Tambah Kelas, Persaingan 127 Pembalap Honda Dream Cup Samarinda Bakal Makin Sengit Foto: Kipli

KabarOto.com - Tingginya minat balap di Indonesia terus menjadi perhatian PT Astra Honda Motor (AHM) dengan membina pembalap muda. Ajang untuk mewadahinya kembali disiapkan tahun ini melalui penyelenggaraan balap Honda Dream Cup (HDC) yang kini hadir dengan kelas-kelas baru yang akan digelar esok hari, yakni Minggu (10/11/2019).

HDC 2019 melombakan 11 kelas, dengan 6 kelas yang sudah ada sebelumnya yakni Honda Sonic 150R/Supra GTR Tune Up Seeded (HDC-1), Honda Sonic 150R/Supra GTR Tune Up Pemula (HDC2), Honda Sonic 150R/Supra GTR Standar Pemula U-16 (HDC-3), juga Honda Sonic 150R/Supra GTR Tune Up Standar Pemula U-12 (HDC-4).

Selain itu, masih ada kelas Honda CBR150RR Standar Seeded (HDC-5), dan Honda CBR150RR Standar Pemula (HDC-6). Menariknya, ada 6 kelas baru yang akan semakin memeriahkan ajang balap tahunan ini dan memperlebar kesempatan para penggemar balap jenis lain yang ingin berpartisipasi.

Adu supermoto misalnya, menjadikan HDC sebagai ajang yang pertama melombakan kelas ini di Indonesia dibawah payung OMR.Kelas-kelas baru di HDC 2019 adalah Honda Supra GTR150 Standar Open main dealer/ dealer (HDC-7), Honda CRF150L Supermoto Standar Open main dealer/ dealer (HDC-8), dan Honda CRF150L Supermoto Tuneup s/d 180 cc Open (HDC-9).

Baca Juga: Bangkitkan Semangat Pembalap Muda, HDC Tour Sambangi SMK Negeri 19 Samarinda

Tahun ini juga mulai dilombakan kelas matik untuk menampung minat yang tinggi, yakni kelas Honda Matic Standar s/d 130cc Open (HDC-10), Honda Matic Standar s/d 130cc Wanita (HDC-11), sementara untuk putaran luar Jawa, HDC-11 adalah Honda Matic Tune up s/d 150cc Open.

Antofany Yusticia Ahmadi selaku Marketing Sub Dept Head Samarinda mengatakan HDC diselenggarakan secara kontinyu oleh perusahaan demi memberikan ruang lebih luas untuk penggemar balap dalam mengaktualisasikan diri. Tahun ini, kelas-kelas baru yang dihadirkan di HDC diharapkan dapat menambah keseruan serta level kompetisi di ajang balap ini.

”Selain meminimalisir balap liar dan mendidik bibit-bibit baru, pengembangan teknis tim balap juga kami harapkan agar semakin kompetitif di event regional maupun nasional,” ujarnya saat ditemui Kabaroto pada gelaran Free Practice HDC di Samarinda, Kalimantan Timur hari Sabtu (9/11/2019).

Delapan kota disinggahi untuk memberikan ruang lebih luas kepada para penggiat balap nasional, sekaligus menjaring bibit pembalap berbakat. Masing-masing terbagi dalam empat region, yakni Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa.

Mereka akan berebut poin di masing-masing region. Sejumlah pembalap terbaik dari region-region tersebut berhak mengikuti putaran Grand final di Cimahi untuk menggondol gelar juara umum HDC 2019.