Tanpa Diskon PPnBM, Ternyata Mitsubishi Xpander Masih Tetap Diminati

Tanpa Diskon PPnBM, Ternyata Mitsubishi Xpander Masih Tetap Diminati Mitsubishi New Xpander dengan desain dan fitur baru

KabarOto.com - Pemerintah kembali memperpanjang insentif Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) bagi industri otomotif tahun 2022 ini. Namun tidak seperti tahun lalu, PPnBM diberlakukan untuk kendaraan dengan mesin 1.500 cc dan menggunakan komponen lokal sampai 80%. PPnBM tahun ini berlaku untuk mobil dengan harga maksimal Rp 200 juta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, jika Presiden Joko Widodo menyetujui fasilitas PPnBM yang ditanggung pemerintah bagi mobil Rp 200 juta sampai dengan kuartal I tahun 2022.

Baca juga: Mitsubishi Motors Optimis New Xpander Dapat Insentif Karbon Terbaik

"PPnBM untuk kendaraan low cost green car (LCGC) untuk harga sampai dengan Rp 200 juta yang saat ini PPnBM nya sebesar 3%," terang Airlangga belum lama ini. Mobil yang tak lagi mendapatkan diskon PPnBM salah satunya adalah Mitsubishi Xpander.

Kendaraan yang dapat menampung 7 penumpang ini sangat laris saat penerapan aturan tersebut dijalankan. Namun, saat PPnBM sudah tak lagi diberlakukan, Mitsubishi Xpander masih diminati oleh konsumen.

Peluncuran Xpander terbaru

Hal itu dikatakan oleh bayu, salah satu supervisor tenaga penjualn diler Mitsubishi di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Meski tidak menyebut angka, namun menurutnya pemesanan XPander tahun 2022 ini cukup banyak. "Masih diminati sih," sebutnya kepada KabarOto.

Lalu apa yang membuat kendaraan ini masih diminati, padahal harganya normal dimulai Rp 270 juta. Faktor yang membuat mobil ini diminati adalah, MMKSI selaku Agen Pemegang Merek Mitsubishi di Indonesia sudah mengubah model lama dengan yang baru, tampil lebih modern, dengan fitur terkini.

Salah satunya penerangan lampu utama LED projector berbentuk 'T', Mitsubishi menjamin pendaran saat malam hari lebih baik dari versi lampu sebelumnya. New Xpander sudah 17 inci dengan profil ban 205/55 R17. Di bawah pintu kini ada side sill garnish membuat tongkrongan lebih keren.

Mitsubishi New Xpander

Lampu belakang menggunakan LED juga berbentuk 'T'. Buka tutup pintu bagasi ke arah atas bukan mekanikal lagi, tapi sudah elektrikal, cukup tekan tombol di pegangan pintu bagasi.

Masuk ke dalam, door trim sudah disapa soft touch hingga dasbor, jok fabric halus dan berkesan tebal diberi ekspos jahitan berlian. Desain lingkar kemudi juga baru, sedangkan warna interior ada pilihan Black & Brown dan Black Dark Beige.

Suspensinya tidak ada ubahan, tetap menganut Macpherson strut dengan per spiral di depan dan torsion beam di belakang, redaman suspensinya cukup baik saat melintas jalan bergelombang dan menahan bobot mobil saat melakukan manuver di tikungan, sehingga mobil tetap stabil.

Baca juga: First Impression New Mitsubishi Xpander

New Mitsubishi Xpander Ultimate CVT ini mengandalkan mesin 4 silinder DOHC MIVEC dengan kapasitas 1.499 cc, transmisinya menggunakan CVT dengan 8 percepatan. Kebaruan lainnya adalah penambahan Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang klaimnya makin membuat mobil makin efisien dan menekan emisi gas buang dari mesin generasi sebelumnya.