Tata Pilih Pakai Transmisi Hyundai Ketimbang Milik Jeep

Tata Pilih Pakai Transmisi Hyundai Ketimbang Milik Jeep Tata H5x Harrier (indianautosblog)

KabarOto.com - Saat ini banyak para konsumen otomotif yang beralih pada penggunaan transmisi manual ke otomatis. Hal ini disebabkan karena kenyamanan yang ditawarkan untuk penggunaan harian di kota-kota besar yang memiliki lalu lintas padat.

Hal ini juga yang mendorong pabrikan asal India, Tata Motors menggunakan transmisi otomatis pada varian SUV terbarunya, Harrier. Mobil ini diklaim Tata akan menggunakan transmisi 6 percepatan otomatis milik Hyundai.

Tampak Samping Tata H5X Harrier (indianautosblog)

Dilansir Indianautosblog, sebenarnya Tata berniat menggunakan transmisi 9 percepatan otomatis miliki Jeep Compass, namun sayangnya harganya terlalu mahal untuk Tata H5X ini. Sebagai gantinya, Tata memilih menggunakan gearbox 6 percepatan otomatis dari Hyundai. Unit ini juga digunakan oleh Hyundai Creta.

(Baca Juga : Sedih.. Perjalanan Tata Nano Sebagai Mobil Termurah Berakhir)

Untuk dapur pacunya sendiri, H5X yang berbasib platform D8 ini akan menggunakan mesin diesel 4 silinder turbocharged 2.0 liter MultiJet II dari FCA.

"Transmisi Hyundai ini sangat sesuai dengan karakteristik daya dan torsi dari mesin Fiat diesel 2.0 liter dan secara signifikan lebih murah daripada transmisi FCA, jadi lebih masuk akal bagi kami untuk menggunakannya," kata Tata Motors.

Tampak Belakang Tata H5X Harrier (indianautosblog)

Yang lebih menariknya lagi, Tata Hexa yang lebih besar malah menggunakan transmisi dari General Motors.

Selain H5X, versi 7 penumpang Tata H7X juga akan menggunakan transmisi ini. Untuk versi 5 penumpang akan menggunakan mesin diesel 2.0 liter bertenaga 140 dk semmentara untuk 7 penumpang akan memiliki tenaga sekitar 170 dk dengan kapasitas mesin yang sama. (*)

Berita Terkait

Berita Terkait