POPULAR STORIES

Tekan Angka Kecelakaan, Polda Riau Gelar Operasi Patuh Lancang Kuning 2020

Tekan Angka Kecelakaan, Polda Riau Gelar Operasi Patuh Lancang Kuning 2020 Ilustrasi (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Beberapa wilayah di Indonesia saat ini tengah melaksanakan Operasi Patuh untuk mendisiplinkan masyarakat dalam berkendara. Polda Riau juga ikut menggelar kegiatan Operasi Patuh Lancang Kuning 2020. Sama seperti lainnya, operasi ini dilaksanakan selama dua pekan mulai 23 Juli hingga 5 Agustus.

Tak hanya menindak para pelanggar untuk disiplin dalam berkendara. Dilakukannya Operasi Patuh Lancang Kuning juga untuk menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas khususnya di wilayah hukum Polda Riau. Selain itu, titik-titik kemacetan bisa berkurang.

Baca Juga: Diperluas, Berikut Titik Persebaran Kamera Tilang ETLE Terbaru

"Titik kemacetan dan titik pelanggaran yang tinggi akan menjadi sasaran. Kita ingin angka kecelakaan dan kematian akibat kecelakaan bisa kita tekan," ujar Kapolda Riau, Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.SI.

Kepolisian akan mendeteksi terlebih dahulu, serta melakukan pemetaan terhadap titik-titik atau lokasi yang rawan macet dan kecelakaan. Selain itu, lokasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 turut dipetakan.

Selanjutnya Polda Riau dan jajarannya akan melakukan penyuluhan terkait keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dikaitkan dengan bahaya Covid-19.

Baca Juga: Jangan Asal, Naik Sepeda Di Luar Jalur Bisa Dikenai Tilang

Diharapkan, dengan dilaksanakannya Operasi Patuh Lancang Kuning bisa menurunkan angka kecelakaan hingga 10%. Pasalnya pada 2020 ini wilayah yang sering terjadi kecelakaan adalah Kota Pekanbaru dan Kampar. Peristiwa ini melibatkan lebih dari 800 kendaraan.

"Total angka kecelakaan di Riau selama 2020 ini mencapai 669 kasus dengan melibatkan 808 kendaraan," tambahnya.