POPULAR STORIES

Teknologi PPS Dari 3Steps Ubah Warna Mobil Dapat Dikeletek

Teknologi PPS Dari 3Steps Ubah Warna Mobil Dapat Dikeletek Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Zaman sekarang, teknologi pengecatan mobil sudah sangat beragam. Terbaru yang paling unik ialah Peelable Paint System (PPS) atau cat yang dapat dikeletek.

Workshop 3Steps menjadi pelopor teknologi pengecatan ini di Indonesia. PPS sendiri sudah mulai dikenalkan di Indonesia sejak 2019 lalu, dengan beberapa kelebihan dibanding cat lainnya.

Proses pengecatan hingga membongkar mobil, agar hasil mendetil dan maksimal.

“Prinsip PPS itu seperti cat biasanya, namun ada primer yang membuatnya bisa dikeletek, prosesnya pun sama seperti nge-cat mobil biasanya,”ujar Rainer Bawono selaku Owner 3Steps Indonesia.

Baca Juga : All-New Toyota Vios Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp314 Jutaan

Bedanya dengan rubber paint yang sama-sama bisa dikeletek di pasaran ialah, rubber paint bahannya akan seperti karet jika sudah kering. Sementara PPS sifatnya mirip seperti cat mobil umumnya.

Detil warna dapat dibuat gradasi.

Pengaplikasiannya pun menimpa cat asli mobil, sehingga tidak perlu mengerok cat asli dan poles. Nantinya jika ingin kembali ke warna awal, maka cat orisinal tetap sama seperti sebelum PPS.

Baca Juga : Kompetisi Upgrade Audio Mobil Lintas Merek

Pemilihan warna pun sangat banyak, karena menggunakan kode warna sesuai pabrikan. Misalnya warna standar BMW, Porsche, dan sebagainya itu tersedia, bahkan hingga ribuan pilihan warna lainnya.

Detil pengerjaan sangat rapi bahkan mendekati cat pabrikan.

Untuk pengerjaannya, 3Steps mematok sekitar 2-3 mingguan. Karena hampir semua bagian dibongkar supaya pengerjaannya maksimal, dan saat KabarOto melihat langsung memang sangat detail dan rapi, sangat minim bahkan hampir tidak ada overspray di bagian karet-karet bodi.

Ketahanan bahan PPS sendiri relatif lama, sekitar 5 tahun lebih asal perawatannya benar. Lalu bisa self healing seperti PPF (Paint Protection Film), serta perawatannya bisa dipoles dan di-coating layaknya cat biasa.

Cat pelek menggunakan PPS.

Soal harga 3Steps membanderol mulai dari Rp 75 jutaan untuk ukuran mobil seperti Porsche dan warna standar. Sementara misalnya ingin PPS pelek juga bisa dengan harga Rp 15 jutaan per set-nya.

Berita Terkait

Berita Terkait