POPULAR STORIES

Kompetisi Upgrade Audio Mobil Lintas Merek

Kompetisi Upgrade Audio Mobil Lintas Merek Foto: Audioworkshop

KabarOto.com - Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022 merupakan kompetisi car audio pertama di Indonesia dengan konsep endurance. Akan dilaksanakan pada 18 hingga 19 Oktober didi Black Stone Garage, Jl. Hang Jebat 1A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kompetisi perdana nanti, Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle menantang instalatur audio mobil di Jakarta, melakukan instalasi audio mobil, serta tuning dengan merek dan jenis mobil yang sama, termasuk perangkat audio sama yang telah disiapkan.

Kompetisi dimulai dari proses instalasi pada hari pertama, dilanjutkan proses tuning serta penilaian di hari kedua, pada lokasi pengerjaan yang sama dan dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Baca juga: Focal Car Audio Perkenalkan Speaker Kualitas Premium Di GIIAS 2022

Tunning audio di kendaraan

“Konsep ini pertama kalinya diadakan di Indonesia, mengumpulkan enam car audio installer terbaik di Jakarta, untuk diadu kemampuannya. Kami mengajak merek-merek ternama di bidang audio mobil untuk mendukung kompetisi ini,” ujar Jacki Suwandi selaku Founder Pengepul Mobil.

Bertujuan untuk memajukan industri aftermarket otomotif. Khususnya di bidang audio mobil pasca pandemi, baik dari sisi kompetisi yang belum pernah diadakan sebelumnya, atau beda dari kompetisi reguler.

Sementara dari sisi aspek bisnisnya, menggiatkan bisnis audio mobil yang berjaya di era tahun 1990 hingga 2010. Untuk itu, di kompetisi ini kami terapkan penggunaan perangkat audio lintas merek," tambah Eko Putranto dari Sound and Machine.

Untuk seri pertama, ada 6 (enam) instalatur audio mobil di Jakarta berkompetisi di Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022, yaitu AJM Audioworks, BestBuddyShop, Begja Autotronics, Duta Audioworks, CAS Audio, dan Bronson Audio.

Upgrade audio di mobil, bergaya OEM

Keenam instalatur peserta tersebut akan memodifikasi dan melakukan tuning audio mobil Toyota Kijang Innova ‘Reborn’ tipe G bermesin Diesel keluaran tahun 2017-2020, dengan kondisi yang sama yaitu kondisi standar. Keenam mobil ini merupakan milik dari para followers konten kreator otomotif Pengepul Mobil yang sebelumnya sudah melalui tahap verifikasi dan inspeksi.

“Mesin belum dioprek, peredam belum dipasang. Uang pendaftarannya Rp 5 juta, untuk membersihkan AC dan cuci mobil. Mobil ini akan diinstalasi oleh 6 instalatur audio mobil, melakukan upgrade audio menggunakan perangkat audio mobil yang telah disediakan,” ungkap Jacki Suwandi juga menjadi Konten Kreator Otomotif Pengepul Mobil.

merek perangkat audio yang ikut ambil bagian adalah peredam Z3ro Solutions, head unit Asuka, Digital Signal Processor Alpine, subwoofer Hertz, speaker Pioneer, kabel Pitch and Timbre, dan amplifier Zapco. Serta tidak ketinggalan Aki Massiv dan inspeksi AC Mobil oleh Rotary Bintaro.

Pihak instalatur untuk instalasinya, mengikuti bentuk OEM atau standar bawaan pabrik dari mobil yang dimodifikasinya. Khusus subwoofer, para instalatur akan membuatkan boks khusus dari material yang disediakan, langsung di lokasi acara.

Baca juga: Alpine PXE-X800, DSP Amp Untuk Meningkatkan Kualitas Audio Di Mobil

Setiap peserta juga memiliki kewajiban untuk membuat boks subwoofer di lokasi kompetisi. Dengan bahan kayu MDF dan material kulit yang disediakan oleh panitia, serta batas waktu yang telah ditentukan, yaitu 60 menit. Instalatur juga diwajibkan untuk memasang sarung jok, sarung setir, dan wrapping bodi selama instalasi berlangsung, sebagai standar pengerjaan instalasi.

Hari pertama, batas waktu instalasi peserta antara lain pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kemudian untuk hari kedua, peserta wajib melakukan tuning dengan durasi waktu mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB. Setelah melakukan tuning, mobil peserta akan dilakukan penilaian, baik secara teknis mengacu para regulasi prosumer dari asosiasi Car Audio Network (CAN). Penilaian dilakukan oleh Certified Judge CAN yang telah ditunjuk.

Penilaian secara non-teknis juga akan dilakukan oleh ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonevsia (MPR-RI) dan ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bapak H. Bambang Soesatyo yang didaulat sebagai “Honorable Judge”.

Untuk penilaian non-teknis, Bapak Bambang Soesatyo atau Pak Bamsoet, akan menilai langsung kepada keenam mobil peserta tersebut dengan cara memutar satu lagu sesuai selera Pak Bamsoet. Pemenang untuk kategori dan pemenangnya akan mendapatkan piala “Bamsoet’s Choice”.

“Terima kasih untuk mengadakan acara di Black Stone Garage. Karena disini lah ‘rumah’ yang diniatkan sebagai tempat bertemunya beragam elemen ekosistem industri dan kreativitas anak muda, khususnya di bidang otomotif,” pungkas Hendra Noor Saleh, President Director PT Bekarya Otomotif Sukses (BOS), selaku pengelola dan manajemen Black Stone Garage.