Teknologi Suzuki Smart Hybrid Diklaim Bikin Mobil Lebih Irit Dan Terjangkau

Teknologi Suzuki Smart Hybrid Diklaim Bikin Mobil Lebih Irit dan Terjangkau Teknologi Suzuki Smart Hybrid diperkenalkan di IIMS Hybrid 2022 (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu, Suzuki Indonesia merilis teaser yang diduga sebagai Suzuki Ertiga Hybrid melalui sosial media resminya. Langkah ini sekaligus mendukung perkembangan teknologi di industri otomotif di Indonesia.

Nampaknya mobil tersebut bakal diperkenalkan dalam waktu dekat. Pada keterangan foto tertulis "Untuk Hari yang Lebih Baik". Sementara di bagian bawah tertulis "Segera 10.06.22" sebagai waktu peluncurannya.

Apa yang direncanakan oleh Suzuki memang sudah terdengar pada Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, di mana pabrikan asal Jepang ini memperkenalkan inovasi teknologi Suzuki Smart Hybrid.

Baca juga: Suzuki XL6 Facelift, Lampu Belakang Lebih Keren Dan Fitur Lengkap

Teaser calon mobil hybrid Suzuki

Teknologi Suzuki Smart Hybrid diklaim dapat mengoptimalkan efisiensi mesin dalam mengurangi penggunaan bahan bakar dan emisi gas buang. Dari segi harga, kendaraan yang menggunakan teknologi ini akan lebih terjangkau.

Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT SIS, Suzuki Smart Hybrid mengatakan bahwa, "Teknologi ini dibuat untuk mendukung kendaraan generasi berikutnya yang lebih efisien dan kompetitif."

Suzuki Ertiga hybrid yang dipasarkan di India

Baca juga: Suzuki Ertiga Bermesin Hybrid Meluncur Di India

Untuk kinerjanya, Suzuki Smart Hybrid menggabungkan Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai lithium-ion 6Ah 12V. Di mana, Teknologi ini sudah diterapkan pada kendaraan Suzuki di India dan Singapura, sehingga besar kemungkinan Smart Hybrid ini bakal menjadi tulang punggung teknologi modern Suzuki menuju masa depan yang lebih efisien, bersih dan hijau.

Cara kerja sistem Smart Hybrid memiliki Integrated Starter Generator (ISG) bersama dengan pengaturan baterai ganda termasuk baterai lithium-Ion dan baterai Lead-Acid. Selama pengereman dan deselerasi, energi kinetik yang dihasilkan diubah menjadi energi listrik dan kemudian disimpan ke dalam pengaturan baterai ganda ini.

Manfaat ini turun ke fungsi Idle Stop Start yang tersedia di mobil Suzuki Smart Hybrid. Saat mobil dalam keadaan diam saat berhenti, mesin akan mati. Setelah melepas pedal rem, mesin akan menyala kembali.