POPULAR STORIES

Teknologi Tembus PandangLand Rover Dapat Samarkan Trailer Gandeng Di Belakangnya

Teknologi Tembus PandangLand Rover Dapat Samarkan Trailer Gandeng di Belakangnya Teknologi Tembus PandangLand Rover (foto:Dailymail.co.uk)

Pabrikan Land Rover kini tengah mengembangkan teknologi yang dipikir mustahil untuk dilakukan yaitu teknologi yang memungkinkan pengemudi bisa melihat menembus gandengan atau biasa disebut trailer yang ditarik di belakangnya. Jadi pengemudi dapat memonitor juga kendaraan yang ada di belakangnya. 

Seperti yang dilansir oleh Dailymail,Sistem ini bekerja dengan menggunakan umpan video dari sistem kamera yang ada pada kendaraan, meliputi kamera pembalik dan kamera di setiap sayap cermin, dan menggabungkannya dengan video dari kamera nirkabel tambahan di bagian belakang gandengan atau trailer. 

Kemudian dari dua set gambar ini akan digabungkan dengan komputer dalam mobil untuk membuat video tunggal yang muncul di kaca spion mobil yang menampilkan pandangan jalan di belakangnya tanpa terhalang. Ketika dibalikkan, pengemudi juga akan mampu melihat menembus umpan kamera dari belakang gandengan pada 'layar infotainment' di dashboard yang juga biasa digunakan untuk memberi navigasi, memutar radio dan musik. 

Dr Wolfgang Epple, direktur riset dan teknologi Jaguar Land Rover , berkata "Proyek Transparent Trailer ini meneliti bagaimana kita bisa menawarkan pandangan yang bebas dari kendaraan yang dibatasi oleh gandengan yang kita tarik, tidak peduli ukuran atau bentuknya,"

'Sistem purwarupa kami menawarkan gambar video kualitas yang sangat tinggi tanpa distorsi mobil atau penghalang lainnya. Ini berarti pengemudi akan memiliki informasi yang tepat untuk membuat keputusan yang aman dan efektif," tambahnya.

Teknologi canggih ini kini sedang dipertunjukkan dalam purwarupa kendaraan penelitian Range Rover di Burghley Horse Trials.

Baca juga: