Tenang, Kaca Mobil Retak Bisa Direparasi Sob

Tenang, Kaca Mobil Retak Bisa Direparasi Sob (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Masalah pada kaca mobil ternyata ada-ada saja sob. Terkait lalainya perawatan, biasanya akan muncul jamur atau flek. Tidak hanya itu, kotornya wiper juga bisa menimbulkan baret pada kaca. Jangan lupa bahwa kaca mobil juga bisa retak bahkan pecah.

Hal ini bisa disebabkan oleh benda-benda asing yang berada di sekitar mobil. Misalnya bebatuan yang terjatuh dijalan kemudian melompat ke kaca mobil sobat KabarOto akibat mobil didepan. Jangan khawatir, ternyata kaca yang retak masih bisa dibetulkan loh.

Baca Juga: Ini Dia Jurus Simpel Penangkal Jamur Kaca Mobil

Menurut penjelasan dari Roy selaku pemilik Roy Glass Clear Poles, kaca mobil tahun 1980 ke atas memiliki dua lapisan dari pabrikannya. Jadi, jika kaca yang retak terjadi pada mobil-mobil zaman sekarang, lapisan terluarnya kemungkinan masih bisa dibetulkan.

"Kalau mobil tahun 1980-an kan cuma punya satu lapis saja, jadi nggak bisa," jelas Roy.

Begitupun dengan ukuran, tidak serta merta retak yang sangat parah bisa dibetulkan. Di bengkel ini, Roy hanya menerima perbaikan kaca yang retak untuk ukuran 5 cm apabila bentuknya memanjang. Sedangkan jika bentuknya lingkaran, maksimal memiliki diamter 3 cm atau seperti logam Rp 500.

Biasanya perbaikan ini disebut dengan suntik kaca karena prosesnya seperti menyuntik. Berbeda dengan perawatan kaca mobil seperti poles, proses suntik kaca pengerjaannya tidak memakan waktu lama, hanya berkisar satu jam.

Kaca yang retak akan dimasukan lem sembari dikeluarkan angin "palsu" yang ada di dalam dan menyebar di area retaknya. Nah, walaupun bisa direparasi, Sobat KabarOto perlu tahu nih kalau kaca yang sudah cacat tidak bisa kembali seperti baru.

"Kalau sudah begini nggak bisa 100%, paling sekitar 60% sampai 80% saja. Tergantung tingkat kedalamannya juga" paparnya.

Setelah disuntik terutama di titik pusat pecahnya akan tetap terlihat. Namun, jika tidak terlalu diperhatikan bekas retakan tidak akan terlihat. Terutama jika diperhatikan dari luar. Bekas retaknya akan berubah samar menjadi kembangan yang menyatu dengan area lainnya.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Begini Cara Rawat Karet Wiper

Hasil jadi setelah disuntik kaca

Range harga untuk melakukan perbaikan ini mulai dari Rp 300 ribu, tingkat kesulitan seperti kedalaman serta lebarnya retakan akan mempengaruhi harga.