POPULAR STORIES

Tersandung Skandal Emisi Di Jepang, Kualitas Suzuki, Mazda Dan Yamaha Diragukan

Tersandung Skandal Emisi di Jepang, Kualitas Suzuki, Mazda dan Yamaha Diragukan Mazda dan Suzuki diketahui melakukan kecurangan terhadap pengujian gas emisi (Nikkei Asian Review)

KabarOto.com - Skandal kecurangan emisi gas buang ini dialami oleh 5 dari 8 pabrikan kendaraan bermotor asal Jepang. Permasalahan ini cukup menghebohkan industri otomotif di negeri para Samurai ini.

Dilansir Nikkei Asian Review, Selasa (21/8/2018) beberapa waktu lalu, Suzuki, Mazda dan Yamaha diketahui telah salah melakukan pengujian dan melaporkan emisi serta efisiensi bahan bakar produknya. Karena tersandung skandal emisi gas buang, membuat kualitas produk ketiganya diragukan

Dengan adanya kejadian ini, Suzuki dan Mitsubishi yang sudah terlebih dahulu skandalnya terbongkar, telah mengakui kesalahan pengujian emisi tersebut. Tentu hal ini mencoreng pemberlakukan standar untuk industri otomotif di Jepang yang paling ketat di seluruh pasar dunia.

(Baca Juga : Terkait Skandal Diesel, Volkswagen Didenda 16 Triliun)

Industri otomotif yang terkena skandal ini terjadi karena para pekerjanya tidak memahami tentang aturan pengujian, dan mereka juga tidak mengikuti pelatihan emisi. Hal itu karena adanya pesaingan yang sangat ketat, membuat banyak produsen otomotif yang memotong biaya lebih besar dengan mengurangi anggaran pelatihan emisi gas buang.

Skandal ini awalnya dialami oleh Mitsubishi pada tahun 2016. Kemudian disusul Nissan dan Subaru setahun kemudian. Temuan ini memicu pemerintah Jepang untuk meminta semua pabrikan otomotif memeriksa kembali standar pengujian produk mereka.

Setelah melakukan inspeksi internal, diketahui bahwa Mazda dan Suzuki melakukan pengujian yang tidak sesuai standar. Hal yang sama juga dialami oleh pabrikan motor berlambang garpu tala, Yamaha.

Berita Terkait

Berita Terkait