POPULAR STORIES

Tesla Model 3 Pikes Peak Racikan EVS Ingin Torehkan Sejarah

Tesla Model 3 Pikes Peak Racikan EVS Ingin Torehkan Sejarah

KabarOto.com - Persaingan mobil super modifikasi akan berlangsung di Pikes Peak International Hill Climb (PPIHC) akhir pekan ini, (27/6). Salah satunya Evasive Motorsports (EVS) untuk keikutsertaannya akan menghadirkan racikan baru berupa Tesla Model 3 Pikes Peak.

Mewujudkan Tesla Model 3 Pikes Peak punya performa kuat melesat naik jalur pegunungan sepanjang 19,98 km menempuh ketinggian 4.724 kaki di atas permukaan laut.

Baca juga: Selama Pandemik, Tesla Model 3 dan Y Banyak Menjadi Pilihan

Tantangan Tesla Model 3 Pikes Peak adalah panas berlebih yang akan ditimbulkan sepanjang jalur "Race to the Cloud". Sistem pendinginan dihadirkan melibatkan CSF Radiators menghadirkan sistem radiator dan oil cooler. Selain itu bila terlalu panas sudah ada semburan nitrous oxide, membuat baterai lekas dingin saat menanjak.



Aliran udara ke susunan baterai juga telah dioptimalkan denan adanya ventilasi depan berbahan serat karbon. Kisi pendinginan juga terdapat di kap berbahan karbon dan kisi pendinginan di C-pilar.

Tak ada mobil listrik yang modal standar di PPIHC, Tesla Model 3 Performance yang diklaim bisa melesat 0-96 kpj hanya 3,1 detik tersebut akan lebih cepat dan lebih kencang dari 260 kpj.

Targetnya adalah menciptakan rekor baru EV Production Cars di Exhibition Class. Agar aerodinamika terjaga dengan baik saat melesat andalkan fender lebih besar dan komponen pembelah udara fiber racikan Artisan Spirits di Jepang.

Pelek 18 inci dengan tapak 11 inci ebrbahan forged Titan 7 TP-5 dibalut ban 305/650-18 buatan Toyo Tires khusus balap. Suspensi gunakan KW Competition dan rem cakram Brembo.

Baca juga: Tesla Model S Menabrak Pohon Hingga Terbakar, Dua Orang Tewas

Bobot mobil dipangkas di beberapa bagian andalkan material serat karbon seperti pintu, atap, kaca belakang dan bagasi. Agar stabil di kecepatan tinggi, telah gunakan EVS honeycomb splitter dan diffuser belakang serta sayap belakang dari serat karbon Voltex GT.

Selain itu memerlukan daya tahan fisik pembalap menghadapi cepatnya naik ketinggian dan 156 tikungan menantang. Pengendara dipercayakan kepada Daijiro Yoshihara, wajarlah bila Eneos menjadi sponsornya.