POPULAR STORIES

Test Drive - All New Daihatsu Terios R Deluxe A/T

Test Drive - All New Daihatsu Terios R Deluxe A/T Test Drive All New Daihatsu Terios R Deluxe A/T (Kipli/KO)

KabarOto.com - Daihatsu Terios jadi salah satu sport utility vehicle (SUV) yang cukup diminati di Indonesia sepanjang lebih dari 10 tahun berkiprah di tanah air. Sejak kemunculannya di tahun 2006 silam, populasi mobil ini pun terbilang cukup banyak terlihat seliweran di jalan-jalan Indonesia.

Namun seiring dengan pertumbuhan penjualan di segmen SUV di tanah air, membuat Daihatsu Terios kini pun mendapatkan persaingan yang cukup ketat dari para rival. Untuk menjawab tantangan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan generasi terbaru dari Daihatsu Terios pada November 2017 silam, meski harga dan resmi dipasarkan pada awal tahun 2018 ini.

All New Daihatsu Terios kini berbekal beragam ubahan yang membuatnya jadi lebih menarik dan juga modern. Terlebih pada sisi desain yang bisa dibilang mengalami rombakan total.

Pada kesempatan kali ini, redaksi KabarOto berkesempatan untuk menjajal Daihatsu Terios tipe R Deluxe AT selama 3 hari. Lalu bagaimana impresi mengendara mobil 'berjantung' Toyota Avanza tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga : Tulang Punggung Toyota Mulai Bergeser Dari Avanza

Desain baru All New Terios
Desain baru tanpa Konde di All New Terios

1. Desain

Revolusi besar dilakukan pada All New Daihatsu Terios, sisi yang paling terlihat ada pada hilangnya 'Konde' atau ban serep di bagian belakang. Ban serep sendiri kini bersembunyi di kolong bagian belakang. Penempatan ban serep di bawah menurut kami memberikan keuntungan lebih bagi pengendara, terlebih saat parkir mundur.

Jika dilihat pun desain All New Terios kini lebih modern dan sporty. SUV ini telah dilengkapi dengan lampu LED String Taillight, Moulding LED string taillight dan side body yang menunjang kesan elegan kian memancar. Pihak pabrikan pun turut melakukan revisi pada ground clearance yang kini 220 mm, lebih tinggi jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang hanya 200 mm.

Baca Juga : Daihatsu Perkenalkan New Terios Custom, Harganya Mulai Dari Rp240,3 Juta!

Kesan SUV yang tangguh pun diaplikasikan melalui penggunaan bumper, gril dan headlight berbentuk 'V' untuk memancarkan kesan modern.

desain dari depan
Desain gril baru serta lampu yang menyipit ala mobil modern

Garis desain samping pun menyiratkan kesan SUV yang tangguh, meski side skirt membuat jarak bodi ke tanah terlihat lebih pendek. Bagian samping pun dikawinkan dengan lis hitam yang menunjang kesan tangguh. Jika saja, All New Terios mendapatkan tambahan pijakan kaki pada bagian pintu-pintunya, yang kami bayangkan mampu mendongkrak kesan SUV semakin terasa.

Moncong knalpot tetap disembunyikan di balik bumper, gaya lampu belakang kombinasi horizontal, sisi positif yang anggap sangat keren ada pada spoiler atap yang dibuat melebar menyambung ke samping kanan kiri jendela belakang, sehingga membuat jendela belakangnya seakan dipayungi.