Tulang Punggung Toyota Mulai Bergeser Dari Avanza

Tulang Punggung Toyota Mulai Bergeser Dari Avanza Toyota Avanza

KabarOto.com - Persaingan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) tanah air, saat ini memang semakin ketat berkat hadirnya berbagai model baru yang hadir dengan berbagai keunggulan. Masyarakat pun kini semakin banyak pilihan dalam menentukan mobil keluarga sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Seiring dengan banyaknya model LMPV yang kini hadir di Indonesia, nyatanya berdampak pada penjualan beberapa model LMPV seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang kini memiliki rival yang cukup berat. Kehadiran model terbaru seperti Mitsubishi Xpander dan Suzuki All New Ertiga, diakui Auto2000 selaku dealer terbesar Toyota di Indonesia, sangat merasakan imbas dari munculnya produk-produk terbaru itu.

Baca juga: Layanan Bengkel Auto2000 Terima Ganti Warna Cat Sesuai Keinginan, Sob!

"Penjualan kami memang agak terganggu, karena yang tadinya makan sendiri atau berdua, sekarang sepiring lebih banyak yang makan. Tapi kami masih di market share (LMPV) di atas 30 persen," ungkap Ardian Nur, Operation Manager Auto2000 Wilayah DKI 2 di Serang, Banten, Jumat (9/11/2018) lalu.

Lebih lanjut Ardian menambahkan, "Namun dengan perubahan pasar saat ini, sekarang Avanza tidak menjadi tulang punggung lagi, tapi semua produk kami sudah jadi tulang punggung sekarang ini," bebernya.

Meski mengalami sedikit gangguan penjualan berkat hadirnya beberapa produk terbaru yang masuk Indonesia, namun Auto2000 mengaku bahwa masih merasa beruntung karena konsumen dari pihak perusahaan, masih banyak yang lebih memilih Avanza untuk dijadikan mobil dinas atau armada angkutan.

Berdasarkan data Auto2000, porsi dari kalangan perusahaan yang menggunakan Avanza sebagai fleet mencapai 30 persen dalam komposisi penjualan, dan 70 persen penjualan lainnya datang dari kalangan perorangan.

Baca juga: Konsumen Mulai Kepincut Layanan Toyota Home Service Auto2000

"Penjualan kami masih didukung oleh penjualan fleet. Perorangan mungkin akan lebih memilih model keluaran terbaru, tapi kalau company kan merasa yang dia pegang adalah uang perusahaan yang harus lebih rasional mikirnya - apakah barang yang ia beli sudah tepat atau tidak. Avanza ini sudah terbukti durability-nya, nilai jual kembalinya, jaminannya lebih bagus. Itu menjadi pertahanannya kami saat ini," tambah Vicky Fernando, Kepala Cabang Auto2000 BSD City, Tangerang Selatan, Banten.

Sementara Ardian menuturkan, saat ini pihaknya sedang mengembangkan seluruh modelnya dengan memberikan berbagai peningkatan. Sehingga semua lini produknya mampu menjadi tulang punggung. “Jadi kita sudah mengandalkan semua model. Seperti Innova yang main sendiri, market share-nya 88 persen. Ada positifnya juga, ini kita perhatikan semua,” pungkasnya.