Test Drive - All New Mazda CX-9, Bodi Besar Bukan Halangan!

Test Drive - All New Mazda CX-9, Bodi Besar Bukan Halangan! All New Mazda CX-9 (Kipli/KO)

KabarOto.com - All New Mazda CX-9 menjadi senjata baru bagi PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku distributor resmi Mazda di Indonesia, dalam mengarungi persaingan di industri otomotif Tanah Air yang cukup ketat, beberapa tahun terakhir. Terlebih di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) kini dihuni sejumlah produk baru mulai dari segmen low, medium, hingga premium SUV.

All New Mazda CX-9 sendiri bermain di segmen premium SUV, dengan bekal yang cukup meyakinkan, yakni ruang kabin yang lapang, fitur berlimpah, dan juga 7-seater yang diketahui pasar Indonesia memang sangat mendambakan sebuah kendaraan yang mampu menampung banyak penumpang. Sedikit menoleh kebelakang, Mazda CX-9 pertama kali diperkenalkan tahun 2009, sementara yang saat ini dipasarkan merupakan generasi ketiga dari SUV asal Negeri Sakura tersebut.

Secara tampilan maupun teknologi tentunya mengalami sejumlah perubahan. Di mana kini All New Mazda CX-9 telah menganut bahasa desain KODO – Soul of Motion khas Mazda. Sektor mesin pun turut mendapatkan sentuhan baru, melalui hadirnya mesin bensin SKYACTIV-G 2.5 liter yang didukung dengan turbocharger untuk mendorong performa, dibalik bodi besarnya.

Baca juga: Test Drive - All New Daihatsu Terios R Deluxe A/T

Lalu seperti apa impresi berkendara bersama All New Mazda CX-9? Berikut ini KabarOto ingin mengenal lebih dekat SUV premium andalan Mazda tersebut.

Bodi All New Mazda CX-9
Bodi bongsor khas All New Mazda CX-9

Eksterior

Hampir seluruh produk terbaru Mazda kini telah menggunakan desain KODO – Soul of motion. Salah satu hal yang menarik untuk kami bahas dari All New Mazda CX-9 adalah bobotnya yang sangat besar, dengan dimensi panjang 5.057 mm, lebar 1.969 mm, dan tinggi 1.747 mm. Banyak orang beranggapan bahwa mobil ini bakal sulit untuk dikendarai.

Namun jika Anda sudah berada dibalik kemudi, rasa itu seakan sirna. Pasalnya, All-new Mazda CX-9 justru menawarkan kesenangan berkendara dengan kemudi yang komunikatif dan didukung utilitas yang mumpuni menjawab kebutuhan. Diketahui Mazda sendiri melakukan penyempurnaan pada sumbu roda yang di perpanjang 55 mm, menjadi 2,930 mm untuk dapat menghasilkan kabin lebih lapang.

SUV premium ini terlihat tampil modern berkat penyematan fitur Adaptive LED Headlights (ALH) dengan desain menyipit khas Mazda. Kehadiran ALH nyatanya mampu membantu pengendara meningkatkan visibilitas di malam hari. Hal ini dirasakan langsung oleh tim KabarOto ketika berkendara dini hari tepatnya pukul 01.30 WIB dengan rute Jatiwarna - Bogor untuk menguji konsumsi bahan bakar.

Menariknya Adaptive LED Headlights dapat diatur sesuai kebutuhan, menjaga agar tidak menyilaukan pengendara lainnya di arah yang berlawanan. Fitur tersebut merupakan bagian dari sistem keselamatan i-ACTIVSENSE khas Mazda.

Bahasa desain yang digunakan pada All New Mazda CX-9 pun kita bisa temui pada sejumlah produk Mazda lainnya, salah satu yang paling mirip adalah All New Mazda CX-5. Namun yang membedakan adalah dimensi CX-9 lebih panjang.

Interior All New Mazda CX-9
Interior All New Mazda CX-9 dijejali sejumlah fitur modern

Interior

Interior CX-9 dijejali dengan sejumlah fitur modern. Mazda menawarkan sistem konektivitas dan juga hiburan mewah racikan BOSE dengan 12-speaker + sub woofer. Sistem hiburan sendiri tampil lebih modern, melalui hadirnya head unit berukuran 8 inci, telah terkoneksi Apple CarPlay dan Android Auto untuk memudahkan integrasi dengan gawai konsumen.

Sistem hiburan dapat di kontrol melalui setir melalui hadirnya control steering switch, dan commander control berbentuk bundar yang mengingatkan kita pada sistem hiburan ala mobil-mobil Eropa.

Selain itu, All New Mazda CX-9 pun telah dilengkapi dengan head up display atau yang juga dikenal dengan nama Active Driving Display (ADD) yang memberikan informasi mengenai kecepatan ketika mengemudi. Tampilannya pun full color yang ditampilkan langsung ke kaca depan.

Jika berada dibaris kedua, untuk saya yang memiliki tinggi 168 cm, posisi duduk penumpang terbilang cukup nyaman. Ketika berada dibaris ketiga, penumpang dewasa terasa kurang nyaman karena ruang yang cenderung sempit. Namun kami rasa untuk anak berusia dibawah 12 tahun cukup nyaman berada di kabin tersebut.

Mesin Skyactiv-G 2.5
Mesin Skyactiv-G 2.5 Turbo menawarkan performa tinggi

Mesin

Untuk membuktikan ketangguhan mesin All New Mazda CX-9 rute yang kami tempuh terbilang cukup jauh, tercatat selama 3 hari bersama SUV mewah Mazda tersebut kami menempuh jarak hingga 328 km, dengan rute Jatiwarna-BSD City-Jatiwarna, dilanjutkan Jatiwarna-Bogor-Jatiwarna, lalu sempat memutari jalur tol JORR dari Jatiwarna-Tj Priok berputar memasuki tol bandara, dalam kota, dan kembali via Jagorawi.

Mulai dari pengecekan konsumsi bahan bakar, performa, hingga handling bagi mobil bertubuh bongsor itu. Ketika berkendara di malam hari, sekira pukul 11.00 kami sempat berlari di kecepatan 140 kpj. Untuk dapat mencapai kecepatan tersebut, kami merasakan tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, mungkin sekitar hitungan detik saja. Tenaga pun terasa padat sejak putaran rpm 2.600.

Skyactiv-G 2.5 T dengan tenaga 227 dk dengan torsi 420 Nm nyatanya memberikan sensasi berkendara yang terbilang mengasyikan, meskipun memiliki bobot yang sangat besar lebih dari 2,5 ton!

Ketika diajak meliuk-liuk dijalur bebas hambatan, mobil ini seakan mengikuti kemauan pengemudi kala diajak bermanuver.

Sebagai catatan untuk Anda, Mazda mengklaim bahwa turbocharger yang melengkapi mesin All New Mazda CX-9 memiliki peran penting untuk memaksimalkan pembakaran mesin agar maksimal. Pertama pada putaran rendah, aliran gas buang dari mesin dipadatkan via ruang kecil pada pipa exhaust menuju turbin. Selanjutnya, ketika mesin memasuki putaran tinggi, terdapat katup yang akan terbuka.

Saat berbincang dengan tim mekanik Mazda, bahwa dua hal tersebut mampu mendorong kinerja turbin lebih maksimal, layaknya mesin dengan sokongan dua buah turbo. Hal itu mungkin sebagai 'penawar' dari bobot All New CX-9 yang besar.

Baca juga: Test Drive: New Toyota Agya 1.2L TRD S A/T, Terbaru!

Namun sayang, untuk konsumsi BBM mobil ini bisa dibilang cukup boros. Dari hasil pengujian kami, dalam jalan kombinasi perkotaan hasil 8,7 km/liter, sementara ketika berjalan dalam kecepatan konstan 80 kpj, konsumsi BBM-nya hanya sebesar 12,4 km/liter. Mungkin saja hal tersebut terbayar melalui performa yang memang besar.

Sebagai informasi untuk Anda, jika berminat untuk meminang All New CX-9 untuk menghasilkan mesin bekerja maksimal baiknya menggunakan BBM dengan oktan minimal RON 95.

Commander Control
All New Mazda CX-9 dilengkapi dengan sejumlah fitur pendukung, seperti Commander Control

Fitur

Hadir sebagai kendaraan premium, tentunya All New Mazda CX-9 dijejali dengan sejumlah fitur keselamatan terbaik, melalui hadirnya i-Activesense yang nyatanya terdiri dari sejumlah fitur yakni Adaptive LED Headlights (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross-Traffic Alert (RCTA), Lane-Departure Warning System (LDWS), Lane-keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support [Forward/Reverse] (SCBS F/R), Driver Attention Alert (DAA), Dynamic Stability Control & Traction Control System (DSC/TCS), Antilock Brake System (ABS) dan juga 7 airbags.

Selain itu ada pula sensor yang tersebar di 8 titik, praktis kalau-kalau ada mobil atau objek yang mendekat di sekeliling mobil, akan ada semacam peringatan yang ditunjukkan melalui suara dan tampilan pada layar head unit.

Sekadar informasi, lahir sebagai SUV kelas atas All New Mazda CX-9 didukung dengan segudang fitur yang menjanjikan kenyamanan terbaik. Jantung pacu pun dirasa mumpuni dengan tenaga besar, handling pun oke meski bodi ukurannya besar, dan yang pasti mobil ini rasanya sangat memperhatikan kenyamanan penumpang.

Bicara harga All New Mazda CX-9 saat ini ditawarkan dengan banderol Rp 818,8 juta on the road.

All-New Mazda CX-9
Drivetrain 2WD
Dimensions & Weights
Overall length (without number plate holder) mm 5,075
Overall Width (with wheel arch mouldings) mm 1,969
Overall Height (with shark fin antenna) mm 1,747
Wheelbase mm 2,930
Tread (with steel wheels/aluminium wheels) Front/Rear mm 1,663/1,663
Overhang (without number-plate holder) Front/Rear mm 1,032/1,113
Ground Clearance (between axles) Laden/unladen mm 220/222
Minimum turning radius (kerb-to-kerb) m 5,9
Luggage capacity with all seats unfolded, up to ceiling L 230
with 3rd-row seats folded, up to ceiling L 840
with 2nd & 3rd-row seats folded, up to ceiling L 1,848
Vehicle Curb Weight 90% fuel Filled kg 1,916
MESIN
Type SKYACTIV-G 2.5 Turbo In-line 4 cylinder DOHC 16 valve, Turbocharged
Displacement cc 2,488
Bore x stroke mm 89.0 x 100.0
Compression ratio 10.5:1
Maximum output EEC kW(ps)/ rpm 170 (231) / 5,000
Maximum torque EEC Nm/rpm 420 / 2,000
Fuel tank capacity L 72
Recommeded Fuel Type 95RON