POPULAR STORIES

Test Drive All New Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS, Evolusi Besar-besaran 'Mobil Sejuta Umat'

Test Drive All New Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS, Evolusi Besar-besaran 'Mobil Sejuta Umat' Tampilan eksterior All New Avanza lebih sporty dibandingkan generasi-generasi sebelumnya (KabarOto)

KabarOto.com - Akhir 2021, PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz. Mobil ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Bahkan, pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 Agustus lalu, All New Avanza jadi penyumbang terbesar penjualan PT TAM. All New Avanza berhasil dipesan sebanyak 926 unit atau 17 persen dari total penjualan. Sementara All New Veloz dipesan 706 unit atau 13 persen.

Baca Juga: Test Drive All New Toyota Veloz 1.5Q CVT TSS, Varian Atas Dengan Fitur Modern

Hal itu tak lepas dari ubahan total yang dilakukan PT TAM dari platform yang digunakan. Mulai dari sistem penggerak roda, kabin hingga transmisinya.

KabarOto mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung kendaraan MPV tersebut. KabarOto kebagian menggunakan All New Avanza 1.5 G CVT TSS. Beragam fitur disematkan di mobil ini, mulai dari Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, Pedal misoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention hingga Rear Crossing Traffic Alert.

Eksterior

Dari tampilan luar, All New Avanza mengalami perubahan total. Jika pada generasi sebelumnya mobil ini terlihat kaku dan berperawakan tinggi, tapi tidak dengan All New Avanza generasi ketiga ini. All New Avanza mempunyai bentuk dinamis dan sporty.

Di atas kertas, All New Avanza memiliki panjang 4.395 mm, tinggi 1.700 mm, lebar 1.730 mm dengan jarak sumbu roda 2.750 mm. All New Avanza kini lebih rendah dan ramping dengan ground clearance sekitar 205 mm.

Lampu depan sipit yang menyatu dengan gril membuatnya tampak modern. Gril-nya juga kini memiliki nilai efisiensi aerdinamika untuk memaksimalkan aliran angin dari depan ke dalam mesin. Adanya lubang untuk mengaliarkan udara ke rem depan menjadi nilai tambah dari mobil ini.

Baca juga: Profil All New Toyota Veloz

Lampu utama menggunakan LED Headlamp disertai lampu sein sekuensial. Ada juga shark fin antenna di atap dan stone guard di samping.

Tampilan belakang All New Avanza terkesan elegan dan modern karena disematkannya LED Rear Combination. Sensor parkir dan kamera mundur juga sudah ada pada mobil ini. Pelek alloy 16 inchi dengan tampilan gagah sudah dilengkapi rem cakram di depan dan tromol di beakang.

Interior

Saat masuk ke kabin, kombinasi warna hitam dan silver memberikan kesan nyaman. Head unit 9" di bagian tengah dasbor membuat interior LMPV andalan Toyota ini modern. Visibilitas All New Avanza juga sangat baik bagi penumpang maupun pengemudi. Untuk melihat kendaraan di belakang melalui spion tengah pun pengemudi tak perlu mendongakkan kepala ke atas, cukup melirik, kendaraan di belakang terlihat jelas.

Tombol-tombol juga mudah dijangkau, baik oleh pengemudi maupun penumpang di depan. Cup holder yang bisa dibuka-tutup di bagian depan memudahkan untuk menaruh botol atau gelas. 9 Inch Dynamic Audio Head Unit dengan segudang fasilitas hiburan seperti radio, USB, dan Bluetooth makin memanjakan penumpang di dalamnya.

Posisi duduk All New Avanza juga ergonomis. Saat duduk di balik kursi pengemudi, kita dimanjakan dengan jok yang empuk dan tebal. Kursi pengemudi bisa diatur maju, mundur dan bisa diatur tinggi-rendahnya. Di baris kedua, sandaran jok bisa diatur tingkat sandarannya, bisa tegak atau jika dibutuhkan bisa direbahkan dan diatur jarak dengan kursi depan.

Di kursi baris ketiga hanya cukup untuk dua orang. Kursinya bisa direbahkan untuk memberikan ruang lebih luas jika ingin membawa barang banyak.

Yang paling menonjol dari Avanza generasi-generasi sebelumnya adalah hadirnya fitur New Pleasant Long Sofa Mode. Penumpang di dalam All New Avanza bisa leluasa menggabungkan kursi bagian depan dan kursi bagian belakang untuk membentuk sofa. Hal ini tentu membuat perjalanan jauh menggunakan All New Avanza bagi penumpang makin nyaman.

Penumpang bisa merebahkan diri sambil menikmati perjalanan. Terlebih, All New Avanza memiliki tingkat kekedapan lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Performa

All New Avanza generasi ketiga ini menggunakan mesin 2NR-VE 4 silinder DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc yang disambung dengan transmisi Dual Continuously Variable Transmission (D-CVT). Mobil ini mulai meninggalkan penggerak roda belakang (RWD) dan mengadopsi sistem penggerak roda depan (FWD).

Yang membuat beda dengan CVT pada umumnya adalah adanya planetary gear seperti transmisi otomatis konvensional pada Avanza generasi sebelumnya. Sementara, Girboks menggunakan pulley set dengan sabuk baja.

Drive pulley dan driven pulley akan membentuk diameter sabuk baja layaknya transmisi CVT biasa saat mobil melaju dengan kecepatan rendah serta ketika berhenti total. Nah, ketika mobil dalam kecepatan 60 kpj ke atas, pulley set akan split ke planetary gear. Transmisi ini membuat kinerja mesin optimal dan efisien.

Nah, KabatOto mencoba konsumsi BBM untuk ke luar kota menggunakan All New Avanza. Rute yang ditempuh yakni Depok-BSD-Bogor dengan melewati ruas Tol Depok-Antasari, Tol Lingkar Luar Jakarta, Tol Serpong-BSD, Tol Jagorawi dan berakhir di exit Tol Gadog. Total jarak yang ditempuh yakni 132 km dengan konsumsi BBM 18,6 kpl. BBM yang digunakan yakni Ron 92.

Tak hanya itu, KabarOto juga mencoba konsumsi BBM di dalam kota dengan rute Depok-Cilandak-Duren Tiga-Pancoran-Cibubur-Jonggol non tol pada sore hari dengan kondisi hujan sepanjang sore hingga malam. Total jarak yang ditempuh yakni 73,9 km dengan konsumsi BBM 10 kpl.

Selama perjalanan dalam kota maupun luar kota, akselerasi dan perpindahan giginya halus. Suara transmisinya memang sedikit masuk ke kabin, namun hal itu tidak mempengaruhi penumpang di dalamnyal. Sementara, suspensinya juga sangat nyaman ketika melewati jalan dengan kontur bergelombang serta berkelok.

Fitur

Segudang fitur tersemat di All New Avanza. Paling menonjol adalah fitur Toyota Safety Sense (TSS). Pertama, Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar dan dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan, dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan.

Kedua, Pedal Missoperation Control yang berfungsi mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention. Suara alarm 'Beep-Beep' akan muncul ketika mobil berpindah jalur tanpa menyalakan sein. Muncul juga indikator di panel instrumen sebagai 'warning' untuk pengemudi agar segera mengembalikan mobil ke posisi lurus.

Terakhir, Front Departure Alert. Jika mobil dalam keadaan berhenti total akibat macet, alarm akan berbunyi ketika mobil di depan bergerak maju. Peringatan juga akan muncul ketika pengemudi terlambat melakukan pengereman sehingga jarak dengan kendaraan di depan terlalu dekat.

Baca juga: Alasan All New Toyota Avanza Dan New Veloz Gunakan Penggerak Roda Depan

Sementara, untuk sistem pengereman, All New Avanza menggunakan ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Elektronic Brake Distribution) dan BA (Braking Assist). Tersemat juga fitur Vehicle Stability Control (VSC) agar mobil tidak oversteer maupun under steer ketika melaju di jalan berkelok.

Dengan kombinasi eksterior, interior dan beragam fitur yang tersemat di All New Avanza, mobil andalan PT TAM ini sangat layak untuk bersaing dengan para kompetitornya. Baik dari segi kelengkapan fitur, harga hingga layanan after sales-nya.

Spesifikasi

Properti PT Toyota Astra Motor (TAM)
Harga Rp 295.800.000 (OTR Jabodetabek)
Dimensi (PxLxT) 4.395 mm (panjang), 1.730 mm (lebar). 1.700 mm (tinggi)
Sumbu Roda 2.750 mm
Jarak Pijak 205 mm
Mesin 2NR-VE 4 silinder DOHC Dual VVT-i
Kapasitas 1.496 cc
Transmisi CVT
Tenaga 106 dk @6.000 rpm
Torsi 14 Nm @4.200 rpm
Suspensi MacPherson Strut (depan), Torsion-Beam (belakang)
Rem ABS+EBD+BA, Cakram Berventilasi 15 inci (depan), Tromol (belakang)
Pelek dan Ban 16 inci, 195/60 R16
Tangki Bahan Bakar 43 liter
Jenis Bahan Bakar RON 92
Konsumsi Bahan Bakar 18,6 kpl (luar kota), 10 kpl (dalam kota)
Jarak Pengujian 205,9 km
Rute Pengujian Depok-BSD-Bogor-Pancoran-Duren Tiga-Cibubur-Jonggol