POPULAR STORIES

Test Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix AT Q Hybrid Modelista, Evolusi Mobil Keluarga Indonesia

Test Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix AT Q Hybrid Modelista, Evolusi Mobil Keluarga Indonesia Foto: KabarOto

KabarOto.com - Perkembangan zaman membuat evolusi salah satu kendaraan keluarga Indonesia, Toyota Kijang, dari mobil penumpang sederhana menjelma menjadi kendaraan modern dengan teknologi hybrid, All New Kijang Innova Zenix Hybrid.

Kebayang khan bagaimana dulu Toyota Kijang dari sebuah kendaraan pikap kemudian model multi-purpose vehicle (MPV) hingga saat ini, sedikit sejarah tentang Toyota Kijang, hadir pertama kali pada 1977 sebagai kendaraan angkut yang tangguh. Hingga kemudian menjadi benar-benar berubah total dengan kehadiran All New Kijang Innova Zenix yang sudah menggendong teknologi hybrid.

Fakta menarik dari Kijang Innova Zenix ini adalah sudah tidak menggunakan platform IMV atau biasa dikenal sasis pikap dengan kata lain ladder frame. Mobil ini hadir menggunakan platform baru Toyota New Global Architecture TNGA-C.

Baca juga: Video All New Toyota Kijang Innova Zenix EV, Generasi Serba Baru Dan Berlimpah Fitur

Lebih gagah dengan tambahan body kit Modelista

Dengan penggunaan TNGA-C yang sama seperti pada Toyota Voxy, diklaim lebih rigid dan stabil. Jika menggunakan platform IMV seperti pada Innova Reborn, alasannya belum siap untuk dijejali mesin M20A-FXS dan unit hybrid. Butuh ruang yang lebih besar.

Alasan lain adalah Toyota ingin berkontribusi dalam net zero pada 2060 mendatang, dan Innova Zenix adalah bentuk peralihan.

Nah, kita mulai dengan pembahasan All New Innova Zenix Q Hybrid Modelista. MPV ini diperkenalkan pertama kali pada 21 November 2022, pemilihan nama Zenix memiliki arti sebagai puncak performa, dan X memiliki makna crossover, lantaran Innova terbaru ini mengusung desain ala crossover.

Sedangkan, nama Kijang tetap dipertahankan, karena sudah populer dan melekat di masyarakat sejak 1977.

Dimensi besar membuat ruang kabin juga lebih lega

Tampilan depannya benar-benar berbeda dari generasi sebelumnya, bagian depan hadir dengan model gril yang besar, posisi lampu kabut di bawah bumper depan dengan DRL LED terdapat pada sisi kiri dan kanan bumper.

Bumper depan juga besar, lampu sein juga terdapat pada bagian spion sehingga dapat terlihat lebih jelas dari kendaraan yang dari arah berlawanan. Kemudian bodi kendaraan juga terlihat besar, memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm dan sumbu roda 2.850 mm.

Dari penjelasan dimensinya tadi, membuat ruang kabinnya lebih lega. Bahkan dengan pengemudi dengan tinggi 178 cm pun, bagi penumpang baris kedua tidak terasa sempit akibat kursi pengemudinya agak dimundurkan.

Baca juga: Sejarah Toyota Kijang Innova Di Indonesia

Tersedia Apar di kabin depan, sebagai perlengkapan standar