POPULAR STORIES

Test Drive Chery Tiggo 8 Pro, Dibekali Fitur Modern Layaknya Mobil Eropa

Test Drive Chery Tiggo 8 Pro, Dibekali Fitur Modern Layaknya Mobil Eropa Chery Tiggo 8 Pro memiliki panjang 4.722 mm dan lebar 1.860 mm, tinggi 1.745 mm, dengan jarak sumbu roda 2.710 mm (Foto:Kipli)

KabarOto.com - Chery Sales Indonesia (CSI) memulai debut kembali di Tanah Air tahun lalu, memboyong 3 mobil barunya, Chery Tiggo 7 Pro, Chery Tiggo 8 Pro dan Chery Omoda 5, di IIMS 2022. KabarOto berkesempatan menjajal Chery Tiggo Pro 8, dan ternyata sudah dibekali fitur modern, layaknya mobil buatan Eropa.

Memiliki panjang 4.722 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.745 mm dan jarak sumbu roda 2.710 mm. Kapasitas bagasi cukup besar yakni 1.179 liter. Jika kursi dilipat rata, maka jadi 2.101 liter.

Eksterior mobil ini sudah dilengkapi lampu LED, pelek 18 inci berbalut ban standar Giti asal Singapura berukuran 235/55, dengan atap panoramik + sunroof ukuran 1,96 m2, serta sun shade yang bisa dioperasikan secara elektrik.

Layaknya mobil buatan Eropa modern, Chery Tiggo 8 Pro juga bisa membuka bagasi belakangnya menggunakan sensor kaki, bisa langsung meletakkan barang tanpa harus mencari lagi kunci untuk menekan tombol, agar terbuka dan mudah memasukkan barang. Asyiknya lagi, remote mobil juga bisa mengoperasikan mekanisme buka tutup bagasi dengan cara menahan tombol beberapa detik.

Baca Juga: Perluas Pasar Asia, Chery Bangun Pabrik Di Indonesia Dan Malaysia

Untuk segmen mobil LSUV keluarga, tenaga mobil ini bisa dibilang impresif. Mesin 4 silinder segaris 2.000 cc ini juga dilengkapi turbocharger sebagai tenaga induksi, sanggup memproduksi tenaga sebesar 250 dk dan torsi 390 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke bagian roda lewat transmisi DCT 7 percepatan.

Hanya saja, karakter mobil dengan spesifikasi tersebut terasa sedikit agresif. Tekan pedal gas sedikit lebih jauh, mobil ini rasanya tak sabar untuk dipacu. Maka dari itu, sebagai awalan, baiknya lakukan adaptasi dengan pedal akselerator dan rem agar tak kaget.

Merasakan respon transmisinya, tak ada yang istimewa, cenderung ada jeda akselerasi dari berhenti, lalu 'kick down' hingga terkesan menunggu torsinya terasa. Namun, tenaganya sendiri tak mengecewakan ketika dipacu lebih jauh.

Mengakses ruang kabin Tiggo 8 Pro yang serba digital, juga akan disapa oleh material lembut mulai dari door trim hingga dasbor dan pastinya lingkar kemudi.

Jok mobil berbahan kulit ini juga sudah dilengkapi dengan memory seat, jadi tak merepotkan bila usai dipakai pengendara lain. Putaran kemudi juga ringan berkat Electric Power Steering (EPS).

Di balik setir, ada layar panel instrumen digital berukuran 12,3 inci. Memberikan berbagai informasi, termasuk tekanan ban, data kendaraan, hingga fitur traffic sign recognition.

Beberapa fitur keselamatan bekerja dengan baik, namun terkadang ada beberapa yang mengalami gangguan seperti 'lag' hingga tak berfungsi. Seperti sistem navigasi kamera mobil, maupun absennya lane keeping assist, meski ada lane keeping warning yang terus memperingatkan pengemudi ketika berpindah jalur.

Nah, untuk layar infotainment 10,25 inci di tengah dasbor, memberikan informasi tentang setelan kendaraan, hingga penyejuk kabin dual zone dan tampilan pantauan kamera 360 derajat. Layar di bawah konsol tengah menunjukkan operasional penyejuk kabin.