POPULAR STORIES

Test Drive Hyundai Ioniq 6, Sedan Listrik Desain Paling Aerodinamis

Test Drive Hyundai Ioniq 6, Sedan Listrik Desain Paling Aerodinamis (Foto: Harry/KabarOto)

KabarOto.com - Hyundai Ioniq 6 kehadiran mobil ini di Indonesia didistribusikan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), menjadi sinyal bahwa mobil listrik ini makin banyak diminati. Selain desain yang mengutamakan aerodinamis untuk meningkatkan stabilitas berkendara, juga efisiensi.

Hyundai Ioniq 6 juga telah meraih tiga penghargaan sekaligus dalam ajang World Car Awards 2023, penghargaan tersebut datang dari tiga kategori, yakni World Car of the Year, World Electric Vehicle dan World Car Design of the Year. Penilaian berdasarkan atas desain aerodinamis yang unik dan jarak tempuh yang ditawarkan.

Hyundai Ioniq 6 memiliki ukuran panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 1.495 mm, jarak pijak 141 mm, dan sumbu roda 2.950 mm. Menggunakan pelek multi palang berukuran 20 inci, dengan ban 245/40 R20.

Bentuk desain membulat dengan lekukan melandai di bagian buritan, memperkuat aerodinamik. Dari samping bentuknya seperti kepompong, diklaim mengutamakan kenyamanan dan keleluasaan pengendara dan penumpangnya.

Kemudian kesan mewah pada eksterior Hyundai Ioniq 6 terlihat pada penggunaan desain lighting Parametric Pixels di lampu depan dan lampu belakang serta Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp pada spoiler belakang.

Baca juga: Hyundai Ioniq 6 Borong Tiga Penghargaan Di World Car Awards 2023

Desain Hyundai Ioniq 6 memiliki CD 0,21

Bentuk desainnya ternyata tidak sembarangan, Hyundai Ioniq 6 menjadi kendaraan paling aerodinamis yang pernah dibuat oleh pabrikan Korea Selatan itu. Koefisien drag-nya mencapai 0,21.

Sebagai informasi, untuk mempermudah benda melewati hambatan udara, dalam industri otomotif dikenal istilah Coefficient of drag (CD) atau koefisien drag. Semakin kecil angka CD sebuah kendaraan, hambatan udara/anginnya akan sedikit sehingga kendaraan akan meluncur mulus tanpa hambatan besar, sudah tentu efisiensi bahan bakar. Untuk itu, saat mengembangkan sebuah model, para insinyur mempertimbangkan hal desain bodi.

Masuk area kabin, nuansa sedan dengan posisi duduk rendah dan desain dasbor futuristik, pengemudi dihadapkan dengan dua layar besar, panel instrumen di depan kemudi dan head unit sekaligus informasi kendaraan berada di tengah.

Terdapat Supervision Digital Cluster berukuran 12.3 inci dan Head-up Display, Bluetooth. Ioniq 6 juga dilengkapi 8 speaker lansiran BOSE dengan External Amplifier.

Ruangan kabin dilengkapi dengan lampu iluminasi (LED ambient mood lighting), yang tersemat pada sela-sela dasbor dan beberapa bagian ruang kabin, sehingga pada malam hari pendar cahayanya membuat ruangan kabin tidak terlalu gelap berkesan nyaman dan modern.

Tempat duduk depan keduanya menggunakan pengoperasian model elektrik, di tengah terdapat konsol untuk menyimpan tempat minuman, USB akses dan wireless charging. Untuk pengoperasian pendingin ruangan (AC) menggunakan tombol dengan pengoperasian otomatis (AC Auto) dan dual zone.

Sejajar dengan pengaturan AC, terdapat tombol untuk pengoperasian audio, kamera kendaraan dan tombol start/stop engine.

Baca juga: Test Drive Hyundai Staria Signature 7, Kabin Lega, Mewah Dan Nyaman

Lighting Parametric Pixels pada lampu belakang

Pada bagian kemudi dilengkapi tombol pengoperasian audio, MID, cruise control dan drive mode. Tuas transmisi ada di balik kemudi, pengoperasiannya mirip pada Mercedes-Benz terbaru dengan pengoperasian tuas yang digeser, sedangkan untuk berhenti dan posisi diam, cukup menekan tombol pada ujung tuas transmisi untuk menempatkan pada posisi P (Parking).

Rem tangan penempatannya ada pada sisi kiri pengemudi, tepat sejajar dengan tombol setelan kaca spion dan pintu bagasi yang bekerja otomatis.

Posisi duduknya nyaman, desain lekuk jok sesuai dengan kontur tubuh. Visibilitasnya juga luas, karena posisi dasbor yang agak rendah, memudahkan pengemudi memantau kondisi di depan kendaraan.

Duduk di belakang sedikit agak rendah, cukup nyaman dan santai. Terdapat 2 lubang ventilasi AC di tengah dan 2 buah konektor Type-C untuk keperluan nge-cas ponsel penumpang belakang.