POPULAR STORIES

Test Drive Hyundai Staria Signature 7, Kabin Lega, Mewah Dan Nyaman

Test Drive Hyundai Staria Signature 7, Kabin Lega, Mewah dan Nyaman Foto: Benny/KO

KabarOto.com - Hyundai Staria resmi diluncurkan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) pada tanggal 20 Agustus 2021 lalu, peluncurannya sendiri dilakukan secara virtual. Hyundai Staria ini menjadi opsi baru terhadap kendaraan Multi Puropose Vehicle (MPV) premium, untuk pasar Indonesia sendiri sudah ada Toyota Alphard, Toyota Vellfire, Honda Odyssey dan Nissan Elgrand.

Hyundai Staria memiliki dua pilihan yakni Staria Signature 9 dibanderol Rp 896 juta dan Staria Signature 7 dilepas Rp 1.028.000.000. Harga keduanya merupakan on the road wilayah Jakarta.

KabarOto mendapatkan kesempatan untuk menguji Hyundai Staria Signature 7 selama 1 minggu, kendaraan yang memiliki dimensi besar tersebut, memiliki panjang 5.253 mm, lebar 1.997 mm dan tinggi 1.990 mm. Mobil dengan bobot kotor mencapa 2.930 kg tersebut menerapkan tata ruang sederhana untuk menonjolkan kenyamanan pengemudi dan penumpang, sekaligus tetap menerapkan fungsi utama sebuah MPV pada sisi interiornya.

Tampilannya memang tidak lazim, membulat seperti sebuah kapsul dengan ukuran besar. Bikin penasaran orang-orang selama KabarOto membawa mobil ini, bahkan ada yang bilang mobilnya mirip pesawat luar angkasa.

Hyundai Staria menampilkan desain eksterior yang futuristik, MPV ini juga memiliki guratan yang terbentang dari depan ke belakang, menyerupai kurva cahaya yang menerangi cakrawala bumi ketika matahari terbit bila dilihat dari luar angkasa.

Baca juga: Video First Impression Hyundai Staria Signature

Desain unik dengan dimensi besar

Staria tersedia dalam berbagai warna eksterior, antara lain Creamy White, Abyss Black Pearl, Graphite Grey Metallic, dan Shimmering Silver Metallic. Sedangkan untuk warna interior, tersedia dalam pilihan Black one-tone Embroidered leather dan Brown two-tone Embroidered leather.

Nah, unit yang KabarOto uji coba adalah warna Abys Black Pearl dengan interior Black one-tone Embroidered leather.

Eksterior

Untuk bagian wajah depannya, memiliki gril berwarna bronze dengan motif sarang lebah yang sudah terdapat kamera depannya. Kemudian lampu Daytime Running Lights (DRL) horizontal tepat di atas gril, sementara lampu utama dengan projector dan lampu kabut berada di bagian bawah pada sisi samping kiri dan kanan. Semua lampu tadi yang disebutkan, mengadopsi teknologi LED.

Di malam hari, pencaayaan lampu depannya cukup terang, sinar lampu warna putih membantu penerangan di kondisi gelap, sedangkan lampu kabutnya menambahh pencahayaan lebih lebar dan jarak dekat jadi lebih jelas.

Lampu sein akan menyala dengan unik di posisi DRL berada, sedangkan lampu belakang model vertikal memanjang dengan teknologi LED berada dipilar bodi belakang kendaraan. Begitupun dengan lampu sein belakang yang menyala seperti bergerak.

Peleknya menggunakan 18 inci model palang padat, nuansa Dark Chrome dan Tinted Brass Chrome yang sama seperti gril depan, rangka lampu depan, cover spion luar, emblem dan gagang pintu.

Untuk masuk ke ruang kabin depan, KabarOto harus memanfaatkan pijakan yang tersedia untuk mencapai jok pengemudinya. Sayangnya tidak disediakan pegangan pada pilar kaca depan, jadi harus berpegangan pada bagian lingkar kemudi dan tentu saja bertumpu pada pintu depan kendaraan.

Interior modern jadi pemikat MPV ini